Langsung ke konten utama

Permainan Tong Setan dalam Tinjauan Fisika

Faktor-faktor yang Menyebabkan Pengendara Sepeda Motor Tidak Jatuh pada Permainan Tong Setan
Tong setan adalah permainan atraksi sepeda atau sepeda motor yang bergerak di dalam tong berukuran raksasa. Permainan tong setan dapat dijumpai di pasar malam yang biasanya sering berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Permainan tong setan menjadi menarik karena pengendara sepeda atau sepeda motor tidak terjatuh ketika mengendarai sepeda atau sepeda motor mengelilingi tong. Hal ini ternyata dapat pula dijelaskan secara ilmiah melalui bidang fisika.

Fenomena yang terjadi pada tong setan adalah contoh gerak melingkar beraturan. Gerak melingkar beraturan ini menimbulkan gaya sentral yaitu gaya sentripetal. Gaya sentripetal adalah gaya yang menarik benda ke arah pusat lingkaran supaya tetap melingkar pada lintasannya (Sariyanti, 2011). Selain gaya sentripetal, pada gerak melingkar beraturan juga berlaku gerak sentrifugal. Gerak sentrifugal ini berlawanan arah dengan gerak sentripetal. Adanya gaya sentrifugal yang sama besarnya dengan gaya sentripetal, namun berlawanan arah ini menyebabkan sepeda atau sepeda motor tetap pada lintasan/orbitnya (Priyambodo, 2009).

Faktor lain yang menyebabkan pemain tong setan tidak jatuh ketika mengitari lintasan adalah pada kecepatan minimal yang harus dimiliki sepeda atau sepeda motor ketika mengitari tong (Sariyanti, 2011). Kecepatan sepeda motor dipengaruhi oleh jari-jari tong. Semakin besar jari-jarinya, maka kecepatan minimal pengendara sepeda atau sepeda motor harus semakin besar supaya tetap setimbang ketika mengitari tong.

Mengutip pendapat Christian (2009) yang termuat dalam yahoo answer.com, faktor ideal yang mempengaruhi permainan tong setan adalah sebagai berikut.
1. Gaya berat (w) pemain ditambah sepeda motor atau sepeda
2. Gaya gesek kinetis (fk) yang bekerja pada ban sepeda motor atau sepeda
3. Jenis lintasan yang dipakai bersudut  derajat terhadap bidang datar

Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa kecepatan minimal pengendara sepeda motor supaya tidak jatuh adalah: 1) percepatan gravitasi; 2) sudut lintasan dengan bidang datar, yaitu tanah; 3) koefisien gesekan kinetis antara ban sepeda motor/sepeda dengan lintasan; dan 4) jari-jari lintasan. Supaya tidak terjadi kecelakaan pada permainan tong setan maka pengendara sepeda atau sepeda motor harus sangat berhati-hati dan fokus dalam menjaga kecepatan minimal yang harus digunakan ketika mengitari tong setan. Apabila pengendara sepeda atau sepeda motor lengah sedikit saja, maka kecelakaan tidak dapat dihindarkan.  

#komunitasonedayinepost
#ODOP_6




Daftar Pustaka
Carr, Gerry. (1997): Mechanics of Sport, A Practitioner’s Guide, Champaign, IL.,
Human Kinetics.
Christian, Dhaniel Lee. 2009. Apa Hubungan Fisika dengan Tong Setan. Dalam
https://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20090621221447AACfXCd. Diunduh tanggal 4 September 2014 pukul 13.00
Rachman, Ariyadi. Tanpa Tahun. Analisis Gerak dalam Biomekanik untuk Teknik
Start Lari Sprint. Power Point.
Bartlett, Roger. 2007. Introduction to Sports Biomechanics Analysing Human
Movement Patterns Second Edition. London and New York: Routledge
Priyambodo, Tri Kuntoro dan Bambang Murdaka Eka Jati. 2009. Fisika Dasar
untuk Mahasiswa Ilmu Komputer dan Informatika. Yogyakarta: Penerbit Andi





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kajian Teoretis, Apa dan Bagaimanakah Allantoin Itu?

a.       Allantoin 1)       Karakteristik dan Sifat Allantoin Allantoin adalah senyawa kimia alami yang dihasilkan oleh banyak organisme, termasuk hewan, bakteri dan tanaman. Allantoin dapat disintesis dari hewan maupun tumbuhan serta dianggap   aman dan tidak beracun. Allantoin berasal dari gabungan purin membentuk heterosiklik organik yang berasal dari gabungan purin (Gambar 1). Allantoin disbeut juga asam glikosiklik diuriede atau 5-Ureidhyantoin. Gambar 1.  Struktur Kimia Allantoin Allantoin, dalam bentuk murni berwarna putih, tidak berbau, berbentuk bubuk kristal, dapat larut di dalam air dan alkohol dan tidak larut dalam di eter. Indeks Merck menjelaskan allantoin sebagai hasil dari metabolisme purin. Allantoin bersifat   non racun, non iritasi dan non alergi. Allantoin memiliki memiliki berat molekul 158,12 dan kelarutan dalam air adalah 0,5% dalam suhu 25 o C (Akema, 2008). Allantoin dapat larut dalam air

Review Jurnal Bayi Muslim

Judul: Jurnal Bayi Muslim Penerbit: Ihsan Media Penyusun: Beranda Journal Saya termasuk seseorang yang suka sekali dengan benda-benda sentimental. Sejak dulu kecil sampai saat ini ketika sudah menjadi ibu. Salah satu benda sentimental ketika saya sudah menjadi ibu adalah “Jurnal Bayi Muslim” atau disingkat JBM. JBM ini berisi tentang album foto dan catatan aktivitas bayi usia 0 – 5 tahun. Aktivitas bayi berupa foto dan catatan dapat kita abadikan di jurnal ini sejak bayi berumur 0 bulan. SPESIFIKASI PRODUK Kelebihan JBM dicetak dengan hardcover tebal dengan jilid ring yang kuat. Bagian dalam dicetak dengan kertas glossy tebal sehingga tidak mudah sobek. Desain bagian dalam jurnal (isi) dikemas dengan sangat menarik, serta warna-warna cerah yang mendominasi setiap detail desainnya. Font tulisan yang digunakan juga sesuai dan mudah dibaca. Di beberapa halaman dilengkapi dengan cuplikan ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadits, seperti mengingatkan kita pada keagungan Rabb yan