TIMMS merupakan studi Internasional yang dirancang dan
diorganisasikan oleh The International Association for Evaluation of
International Achievement (IEA) untuk membandingkan prestasi Matematika dan
IPA di beberapa negara, dan dilaksanakan setiap 4 tahun sekali
(Puspendik, 2015). Populasi sasaran TIMSS adalah semua siswa antara minimal
berusia 9 tahun dan maksimal 13 tahun, atau pada siswa kelas 4 dan kelas 8. Pada
masing-masing jenjang, ruang lingkup asesmen sains TIMMS 2015 diorganisasikan
dalam dua domain (Mullis,
2015: 30), yaitu a) domain konten,
menentukan hal berkaitan dengan konsep untuk dinilai; dan b) domain kognitif, menentukan hal berkaitan dengan
proses berpikir untuk dinilai yaitu tingkat
pengetahuan (knowing), penerapan (applying), dan pemahaman (reasoning). Masing-masing domain konten termasuk satu atau
lebih area topik, dan masing-masing area topik terdiri dari beberapa topik.
Sains
Kehidupan
Studi sains kehidupan pada siswa kelas 4 memberikan kesempatan
untuk menuliskan keingintahuan bawaan dan memulai untuk memahami kehidupan di
bumi dan sekitarnya. Pada level ini sains direpresentasikan dalam lima topik
area, yaitu: a) karakteristik dan proses hidup organ; b) siklus kehidupan,
reproduksi, dan hereditas; c) organisme, lingkungan, dan interaksi mereka; d)
ekosistem; dan e) kesehatan manusia. Pada level ini, siswa mulai membangun pengetahuan dasar tentang
bagaimana fungsi organisme dan bagaimana mereka berinteraksi dengan organisme
lain dan lingkungannya.
Sains
Fisika
Dalam studi sains
fisika di kelas 4, siswa belajar tentang fenomena yang mereka amati dalam
kehidupan sehari-hari yang dapat dijelaskan dengan pemahaman konsep sains
fisika. Topik area dalam studi ini, yaitu: a) klasifikasi dan bahan suatu benda
dan perubahan benda; b) bentuk energi dan transfer energi; dan c) gaya dan
gerak.
Sains
Bumi
Sains bumi adalah study tentang bumi dan tempatnya dalam sistem
tata surya, dan pada kelas 4 berfokus pada fenomena dan proses saat siswa
mengamati dalam kehidupan sehari-hari. Topik yang penting untuk siswa kelas 4,
yaitu: a) struktur bumi, karakteristik fisik, dan sumber daya alam; b) proses
bumi dan sejarah; dan c) bumi dalam sistem tata surya
#komunitasonedayonepost
#ODOP_6
Komentar
Posting Komentar
Thank you for visiting... 😁😁