Langsung ke konten utama

Cinta Buku Sejak Bayi


Aktivitas membaca selalu menjadi bagian yang menyenangkan di keluarga kami. Kebetulan kami sudah menyukai buku sejak dulu. Dan itu hendak kami tularkan kepada anak-anak kelak. Bagi kami terutama saya, menyisihkan sebagian uang untuk buku bukanlah menjadi hal yang dianggap pemborosan. Begitupula suami, ia selalu mendukung ketika saya mulai kambuh membuat list untuk beli buku ini itu. Suami tak pernah melarang dan selalu acc ketika saya menunjukkan proposal permohonan buku. Saat ini, saya sedang hobi-hobinya beli buku untuk batita. Pengennya sih bisa beli banyak sekaligus. Tapi ternyataaa.. Buku batita agak mahal. Kalau mau beli sekali angkut borongan, isi tabungan bisa tipis. Duuhhh..... Alhasil ya beli sedikit-sedikit, setidaknya cukup untuk awalan teman belajar bagi si kecil kelak.

Family reading time kali ini masih kurang komplit. Hanya aktivitas membaca saya dan si kecil aja. Ayahnya sedang sok sibuk akhir-akhir ini. Selalu pulang dalam keadaan capek. Jadilah ia tak sempat meladeni PR saya dengan seutuhnya. Jadi pemeran utama kali ini adalah saya dan si kecil. Saya ingin mengenalkan sedini mungkin pada anak, bahwa buku dan aktivitas membaca adalah hal yang sangat menyenangkan. Maka sejak umur 4 atau 5 bulan si kecil sudah sering dibacakan cerita. Saya dan suami gantian membacakan cerita untuk si kecil. Proporsi saya lebih banyak, karena suami lebih padat kegiatannya.

Setiap hari minimal saya harus membacakan dua cerita. Dua cerita itu saya ambilkan dari dua buku yang berbeda. Satunya buku kisah teladan dan satunya lagi buku cerita anak tentang kegiatan sehari-hari.

Apakah buku yang dibacakan untuk Si Kecil hari ini?
Hari ini buku yang dibacakan untuk si kecil adalah "Aku Bisa Berhitung" dan kisah teladan "Ashabul Ukhdud". Buku "Aku Bisa Berhitung" bercerita tentang semangat Syifa untuk belajar berhitung setelah melihat nilai kakaknya mendapat A dalam pelajaran berhitung. Syifa semangat sekali menghitung semua benda di sekitarnya. Dari cerita ini, harapannya si kecil kelak akan menyukai berhitung akibat termotivasi cerita ini.

Kemudian, kisah teladan "Ashabul Ukhdud" ini menceritakan tentang kisah seorang pemuda yang tidak mau keluar dari agama Allah walau ia diancam oleh Sang Raja. Sang Raja berkali" berencana membunuh pemuda itu. Tetapi selalu gagal. Pemuda itu memberitahukan cara bagaimana supaya Raja dapat membunuh dirinya yaitu dengan mengumpulkan semua warga kemudian menyalib dan memanahnya sembari mengatakan "dengan menyebut asma Allah Tuhan si pemuda ini". Raja pun melakukakannya. Benar saja si pemuda terbunuh. Tapi semua orang yang menyaksikan sudah beriman pada Allah. Ketika Raja menyuruh mereka keluar dari agama Allah, mereka menolak. Kemudian Raja memerintahkan untuk menggali parit dan menyalakan api. Ia menyuruh orang" untuk masuk ke dalamnya jika tidak mau keluar dari agama Allah. Maka sebagian besar dari mereka, tanpa rasa takut terjun ke dalam api. Dari cerita ini, dicontohkan bahwa dalam beriman pada Allah harus teguh. Tidak setengah-setengah.

Nah.. Cukup sudah family reading time bersama si kecil. Terlepas dari dia sudah memahami atau belum, saya percaya bahwa dia mulai belajar.

#komunitasonedayonepost
#ODOP_6

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Permainan Tong Setan dalam Tinjauan Fisika

Faktor-faktor yang Menyebabkan Pengendara Sepeda Motor Tidak Jatuh pada Permainan Tong Setan Tong setan adalah permainan atraksi sepeda atau sepeda motor yang bergerak di dalam tong berukuran raksasa. Permainan tong setan dapat dijumpai di pasar malam yang biasanya sering berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Permainan tong setan menjadi menarik karena pengendara sepeda atau sepeda motor tidak terjatuh ketika mengendarai sepeda atau sepeda motor mengelilingi tong. Hal ini ternyata dapat pula dijelaskan secara ilmiah melalui bidang fisika. Fenomena yang terjadi pada tong setan adalah contoh gerak melingkar beraturan. Gerak melingkar beraturan ini menimbulkan gaya sentral yaitu gaya sentripetal. Gaya sentripetal adalah gaya yang menarik benda ke arah pusat lingkaran supaya tetap melingkar pada lintasannya (Sariyanti, 2011). Selain gaya sentripetal, pada gerak melingkar beraturan juga berlaku gerak sentrifugal. Gerak sentrifugal ini berlawanan arah dengan gerak sentripetal. Adanya

Review: Smart Hafiz Mempersiapkan Si Kecil Anti Smartphone

Akhir-akhir ini sering saya lihat anak-anak sudah susah terlepas dari gawai. Gawai yang mereka pakai biasanya jenis smartphone. Tak hanya anak-anak, balita bahkan batita juga sering saya lihat mulai menggunakan barang elektronik ini. Bagi saya, hal tersebut kurang mendidik. Anak-anak terutama balita seharusnya bermain untuk melatih kemampuan motorik mereka. Anak-anak yang lebih besar seharusnya bisa membangun interaksi dengan teman sebaya maupun orang di sekitarnya, bukan bersifat antisosial. Nah., latihan kemampuan motorik dan membangun kemampuan sosial ini yang tidak ditemukan dalam smartphone. Anak-anak cenderung pasif ketika menggunakan sartphone. Apalagi jika smartphone tersebut terhubung dengan internet. Anak usia 3 tahun pun bisa mengakses Youtube dan berselancar mencari video-video yang disukainya. Jika sudah terlanjur demikian, anak akan susah disapih dari benda bernama smartphone ini. Ketika kita ingin menyapih anak dari smartphone tantangannya lebih besar dibanding

Kajian Teoretis, Apa dan Bagaimanakah Allantoin Itu?

a.       Allantoin 1)       Karakteristik dan Sifat Allantoin Allantoin adalah senyawa kimia alami yang dihasilkan oleh banyak organisme, termasuk hewan, bakteri dan tanaman. Allantoin dapat disintesis dari hewan maupun tumbuhan serta dianggap   aman dan tidak beracun. Allantoin berasal dari gabungan purin membentuk heterosiklik organik yang berasal dari gabungan purin (Gambar 1). Allantoin disbeut juga asam glikosiklik diuriede atau 5-Ureidhyantoin. Gambar 1.  Struktur Kimia Allantoin Allantoin, dalam bentuk murni berwarna putih, tidak berbau, berbentuk bubuk kristal, dapat larut di dalam air dan alkohol dan tidak larut dalam di eter. Indeks Merck menjelaskan allantoin sebagai hasil dari metabolisme purin. Allantoin bersifat   non racun, non iritasi dan non alergi. Allantoin memiliki memiliki berat molekul 158,12 dan kelarutan dalam air adalah 0,5% dalam suhu 25 o C (Akema, 2008). Allantoin dapat larut dalam air