Langsung ke konten utama

Mendidik Anak Adab Makan


Kapan pertama kali si kecil makan? Pertama kali si kecil makan pada usia 180 hari atau 6 bulan. Pada usia tersebut mereka dikenalkan pada makanan padat setelah 6 bulan pertama hanya mengenal ASI. Si kecil butuh penyesuaian akan Hal tersebut, sehingga tak jarang muncul berbagai drama pada acara makan si kecil. Drama moment makan si kecil ini bervariasi, bisa aksi menyembur makanan, tantrum, atau gerakan tutup mulut. Semua drama itu harus Ibu lalui dengan sabar, karena tanpa kesabaran si kecil bisa jadi tidak akan tumbuh besar.

Memberi makan pada si kecil bukan hanya masalah memasukkan nutrisi di tubuhnya, namun lebih dari itu. Moment makan si kecil juga digunakan sebagai sarana mendidik tentang adab makan yang baik. Sering kita temukan, bayi digendong keliling kampung sambil disuapin, bayi lari-lari diikuti ibunya yang membawa semangkok nasi, atau bayi menangis sementara si ibu terus menjejalkan makanan. Hal tersebut tentu bukan adab makan yang baik. Adab makan yang baik perlu dibiasakan sejak moment pertama si kecil makan. Berarti sejak ia mengenal makanan, ia harus dididik adab makan.

Bagaimana mendidik adab makan si kecil? Ada beberapa upaya yang dapat Ibu lakukan untuk mendidik adab makan si kecil. Tipsnya sebagai berikut.

1. Biasakan makan sambil duduk
Membiasakan si kecil makan sambil duduk perlu dilakukan sejak awal, sehingga tercipta kebiasaan bahwa makan identik dengan duduk. Carilah posisi duduk yang nyaman bagi si kecil, bisa duduk di stroller, kursi makan, atau didudukkan di alas yang datar. Hindari makan sambil jalan-jalan atau menggendong. Jika si kecil bosan, tempat duduk bisa dipindahkan untuk mencari suasana baru.

2. Makan dalam kondisi good mood
Biasanya ketika si kecil dalam mood yang bagus, makanan akan mudah masuk ke mulut si kecil. Pastikan ia dalam kondisi yang bagus, tidak mengantuk atau popoknya basah. Ibu bisa juga mengajak si kecil bernyanyi atau bercerita supaya ia terus berada dalam perasaan yang bahagia.

3. Atur jadwal makan besar dan cemilan
Buatlah jam makan yang ajeg untuk si kecil, baik makan besar maupun cemilan. Sebagai contoh, si kecil sarapan pukul 07.00, cemilan pukul 10.00, makan siang pukul 12.00, cemilan pukul 15.00, dan makan sore pukul 17.00. Jadwal itu harus dilaksanakan secara konsisten sehingga si kecil memiliki kebiasaan makan yang terjadwal.

4. Kenali tanda lapar dan kenyang
Beri jarak antara si kecil minum ASI dan makan besar atau jika si kecil sudah tidak minum ASI beri jarak antara minum susu dan makan. Susu akan menyebabkan si kecil kenyang sehingga porsi makannya sedikit. Bila sudah mendekati waktu makan, hindari memberikan susu. Biarkan si kecil merasa lapar, demikian pula sebaliknya. Hentikan makan jika si kecil sudah menunjukkan tanda kenyang.

5. Ajak si kecil mempersiapkan makanan
Ibu bisa mengajak si kecil memasak, sehingga ia merasa terlibat dalam proses pembuatan makanan. Jika si kecil belum bisa diajak memasak, bisa dimulai dengan mereka melihat Ibu memasak. Sementara Ibu memasak, Ibu bisa sambil mengajak si kecil bercerita tentang makanan.

6. Membuat menu yang bervariasi
Menu yang bervariasi ini untuk menghindari rasa bosan pada si kecil, sehingga ia makan dengan lahap. Buatlah food diary supaya kita tahu apa saja makanan yang menjadi kesukaannya beserta reaksinya terhadap makanan tertentu.

7. Sabar dengan reaksi si kecil
Jika Ibu sudah melakukan semua langka tersebut di atas. Langkah terakhir adalah sabar. Kadang ada suatu kondisi di mana si kecil benar-benar susah dikendalikan. Sabar menghadapinya dan tetap berdamai dengan kondisi.

Demikian tips mendidik adab makan ala Ibunda Alula. Semoga bermanfaat dan bisa diterapkan untuk si kecil di rumah.

#nonfiksi
#ODOPBatch6

Komentar

  1. Thanks for sharing mba Desty, ibuknda Alula. Aku share ya 😊

    BalasHapus
  2. Wah jadi nggak sabar pengen punya bayi, hehehehe

    BalasHapus
  3. Nah, ini nih sabar yg sulit. Malah emaknya yg nangis, anaknya anteng berasa innocent gitu wkwkwkwk

    BalasHapus
  4. Terima kasih sharingnya mbak tipsnya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  5. save dulu, ntar punya dede bakal jadi referensi nih.. hihii

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Posting Komentar

Thank you for visiting... 😁😁

Postingan populer dari blog ini

Permainan Tong Setan dalam Tinjauan Fisika

Faktor-faktor yang Menyebabkan Pengendara Sepeda Motor Tidak Jatuh pada Permainan Tong Setan Tong setan adalah permainan atraksi sepeda atau sepeda motor yang bergerak di dalam tong berukuran raksasa. Permainan tong setan dapat dijumpai di pasar malam yang biasanya sering berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Permainan tong setan menjadi menarik karena pengendara sepeda atau sepeda motor tidak terjatuh ketika mengendarai sepeda atau sepeda motor mengelilingi tong. Hal ini ternyata dapat pula dijelaskan secara ilmiah melalui bidang fisika. Fenomena yang terjadi pada tong setan adalah contoh gerak melingkar beraturan. Gerak melingkar beraturan ini menimbulkan gaya sentral yaitu gaya sentripetal. Gaya sentripetal adalah gaya yang menarik benda ke arah pusat lingkaran supaya tetap melingkar pada lintasannya (Sariyanti, 2011). Selain gaya sentripetal, pada gerak melingkar beraturan juga berlaku gerak sentrifugal. Gerak sentrifugal ini berlawanan arah dengan gerak sentripetal. Adanya

Review: Smart Hafiz Mempersiapkan Si Kecil Anti Smartphone

Akhir-akhir ini sering saya lihat anak-anak sudah susah terlepas dari gawai. Gawai yang mereka pakai biasanya jenis smartphone. Tak hanya anak-anak, balita bahkan batita juga sering saya lihat mulai menggunakan barang elektronik ini. Bagi saya, hal tersebut kurang mendidik. Anak-anak terutama balita seharusnya bermain untuk melatih kemampuan motorik mereka. Anak-anak yang lebih besar seharusnya bisa membangun interaksi dengan teman sebaya maupun orang di sekitarnya, bukan bersifat antisosial. Nah., latihan kemampuan motorik dan membangun kemampuan sosial ini yang tidak ditemukan dalam smartphone. Anak-anak cenderung pasif ketika menggunakan sartphone. Apalagi jika smartphone tersebut terhubung dengan internet. Anak usia 3 tahun pun bisa mengakses Youtube dan berselancar mencari video-video yang disukainya. Jika sudah terlanjur demikian, anak akan susah disapih dari benda bernama smartphone ini. Ketika kita ingin menyapih anak dari smartphone tantangannya lebih besar dibanding

Kajian Teoretis, Apa dan Bagaimanakah Allantoin Itu?

a.       Allantoin 1)       Karakteristik dan Sifat Allantoin Allantoin adalah senyawa kimia alami yang dihasilkan oleh banyak organisme, termasuk hewan, bakteri dan tanaman. Allantoin dapat disintesis dari hewan maupun tumbuhan serta dianggap   aman dan tidak beracun. Allantoin berasal dari gabungan purin membentuk heterosiklik organik yang berasal dari gabungan purin (Gambar 1). Allantoin disbeut juga asam glikosiklik diuriede atau 5-Ureidhyantoin. Gambar 1.  Struktur Kimia Allantoin Allantoin, dalam bentuk murni berwarna putih, tidak berbau, berbentuk bubuk kristal, dapat larut di dalam air dan alkohol dan tidak larut dalam di eter. Indeks Merck menjelaskan allantoin sebagai hasil dari metabolisme purin. Allantoin bersifat   non racun, non iritasi dan non alergi. Allantoin memiliki memiliki berat molekul 158,12 dan kelarutan dalam air adalah 0,5% dalam suhu 25 o C (Akema, 2008). Allantoin dapat larut dalam air