Langsung ke konten utama

Belajar Desain dengan Picsart dan Phonto



Saya termasuk seseorang yang kurang lihai dalam hal mendesain. Sejak zaman kuliah hingga sekarang, desain menjadi salah satu materi yang susah untuk saya kuasai. Dalam hati, saya ingin sekali bisa mendesain sesuatu, namun dalam praktiknya sering terkendala banyak hal yang menyebabkan saya stuck di tempat. Kemampuan saya yang pas-pasan dalam hal mendesain membuat saya tertarik pada Rumbel Desain yang difasilitasi oleh Ibu Profesional Semarang. Di awal terbentuknya rumbel ini, saya memberanikan diri masuk untuk belajar desain.
Awal masuk saya belajar dasar mendesain menggunakan Picsart. Picsart termasuk salah satu aplikasi desain yang dapat diterapkan di smartphone. Aplikasi ini cukup berat sehingga terkadang membuat HP saya lemot bahkan kadang tiba-tiba restart sendiri. Saya ingat betul bagaimana materi dasar menggunakan Picsart sehingga saya bisa membuat desain kartu nama dan membuat gambar bentuk sendiri. Waktu itu saya masih semangat sekali, karena belum mengurus bayi.
Picsart memiliki fitur yang cukup lengkap. Ada fitur draw, edit foto, dan kolase. Aplikasi ini cukup berguna bagi saya yang masih pemula dalam mendesain. Melalui fitur draw, saya bisa membuat kartu nama, kartu ucapan, atau gambar bentuk sederhana (Saya belum belajar lebih lanjut lagi karena masih kerepotan membagi waktu antara pekerjaan rumah dan mengurus bayi). Fitur edit foto juga berguna ketika saya hendak mencantumkan foto di blog pribadi. Sedangkan fitur kolase foto sangat penting digunakan sebagai sarana berjualan online. Semua fitur dari Picsart ini apabila digunakan secara optimal dapat menghasilkan hasil gambar yang bagus. Akan lebih baik lagi jika Picsart diterapkan di gawai yang memiliki kapasitas RAM tinggi, supaya tidak lemot ketika dioperasikan.


Penggunaan Picsart dalam desain sederhana, saya padukan dengan aplikasi lain yaitu Phonto. Berbeda dengan Picsart, Phonto ini bukan aplikasi desain atau edit foto. Phonto adalah aplikasi yang lebih spesifik lagi, yaitu edit Font. Melalui Phonto, Ibu bisa menemukan banyak jenis Font yang bagus. Ibu bisa pula menambahkan jenis Font dengan cara mengunduh di website tertentu. Selain bisa leboh variatif dalam pemilihan jenis Font, Ibu juga bisa mengubah ukuran, warna, kerapatan, kelengkungan, dan bayangan Font. Hal ini membuat Font yang berhasil kita ubah menjadi Font yang tak biasa atau lain dari yang lain. Phonto termasuk aplikasi yang ringan sehingga tidak menyebabkan RAM gawai bekerja dengan berat.
Ibu bisa menggabungkan kedua aplikasi ini demi menghasilkan desain yang lebih bagus dan menarik. Aplikasi Picsart khusus digunakan untuk membuat desain background, sedangkan Phono digunakan untuk menambahkan kalimat-kalimat berkaitan dengan desain yang sudah kita buat. Kedua aplikasi ini dapat saling melengkapi demi menghasilkan desain yang lebih menarik.

#Tantangan10Hari
#Level12
#KuliahBunsayIIP
#KeluargaMultimedia








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Permainan Tong Setan dalam Tinjauan Fisika

Faktor-faktor yang Menyebabkan Pengendara Sepeda Motor Tidak Jatuh pada Permainan Tong Setan Tong setan adalah permainan atraksi sepeda atau sepeda motor yang bergerak di dalam tong berukuran raksasa. Permainan tong setan dapat dijumpai di pasar malam yang biasanya sering berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Permainan tong setan menjadi menarik karena pengendara sepeda atau sepeda motor tidak terjatuh ketika mengendarai sepeda atau sepeda motor mengelilingi tong. Hal ini ternyata dapat pula dijelaskan secara ilmiah melalui bidang fisika. Fenomena yang terjadi pada tong setan adalah contoh gerak melingkar beraturan. Gerak melingkar beraturan ini menimbulkan gaya sentral yaitu gaya sentripetal. Gaya sentripetal adalah gaya yang menarik benda ke arah pusat lingkaran supaya tetap melingkar pada lintasannya (Sariyanti, 2011). Selain gaya sentripetal, pada gerak melingkar beraturan juga berlaku gerak sentrifugal. Gerak sentrifugal ini berlawanan arah dengan gerak sentripetal. Adanya

Kajian Teoretis, Apa dan Bagaimanakah Allantoin Itu?

a.       Allantoin 1)       Karakteristik dan Sifat Allantoin Allantoin adalah senyawa kimia alami yang dihasilkan oleh banyak organisme, termasuk hewan, bakteri dan tanaman. Allantoin dapat disintesis dari hewan maupun tumbuhan serta dianggap   aman dan tidak beracun. Allantoin berasal dari gabungan purin membentuk heterosiklik organik yang berasal dari gabungan purin (Gambar 1). Allantoin disbeut juga asam glikosiklik diuriede atau 5-Ureidhyantoin. Gambar 1.  Struktur Kimia Allantoin Allantoin, dalam bentuk murni berwarna putih, tidak berbau, berbentuk bubuk kristal, dapat larut di dalam air dan alkohol dan tidak larut dalam di eter. Indeks Merck menjelaskan allantoin sebagai hasil dari metabolisme purin. Allantoin bersifat   non racun, non iritasi dan non alergi. Allantoin memiliki memiliki berat molekul 158,12 dan kelarutan dalam air adalah 0,5% dalam suhu 25 o C (Akema, 2008). Allantoin dapat larut dalam air

Review: Smart Hafiz Mempersiapkan Si Kecil Anti Smartphone

Akhir-akhir ini sering saya lihat anak-anak sudah susah terlepas dari gawai. Gawai yang mereka pakai biasanya jenis smartphone. Tak hanya anak-anak, balita bahkan batita juga sering saya lihat mulai menggunakan barang elektronik ini. Bagi saya, hal tersebut kurang mendidik. Anak-anak terutama balita seharusnya bermain untuk melatih kemampuan motorik mereka. Anak-anak yang lebih besar seharusnya bisa membangun interaksi dengan teman sebaya maupun orang di sekitarnya, bukan bersifat antisosial. Nah., latihan kemampuan motorik dan membangun kemampuan sosial ini yang tidak ditemukan dalam smartphone. Anak-anak cenderung pasif ketika menggunakan sartphone. Apalagi jika smartphone tersebut terhubung dengan internet. Anak usia 3 tahun pun bisa mengakses Youtube dan berselancar mencari video-video yang disukainya. Jika sudah terlanjur demikian, anak akan susah disapih dari benda bernama smartphone ini. Ketika kita ingin menyapih anak dari smartphone tantangannya lebih besar dibanding