Langsung ke konten utama

SPSS, Aplikasi Olah Data Andalan



SPSS merupakan salah satu aplikasi olah data statistik yang memudahkan Ibu untuk mengolah data tertentu. Aplikasi ini memang tidak ada hubungannya dengan pertumbuhan atau perkembangan anak, namun bisa bermanfaat untuk pengembangan diri atau pekerjaan tertentu jika Ibu bekerja di ranah publik. Aplikasi ini cukup komplit, walau saya masih membutuhkan tutorial ketika menggunakannya. Jika tanpa tutorial saya masih kesulitan menggunakan aplikasi ini.
Saya mengenal SPSS sejak masih kuliah. Saya sudah menggunakan bantuan SPSS dalam mengolah data di skripsi dan tesis saya. Hasil olah data menggunakan SPSS ini cukup memuaskan karena dapat menyingkat waktu saya dalam menghitung dan mengolah data. Saya merasa sangat terbantu dalam mengolah ratusan data kuantitatif. Penggunaan SPSS ketika saya masih kuliah S1 dan S2 agak berbeda. Semakin meningkat jenjang kuliah saya, maka penggunaan SPSS semakin rumit. Ketika masih S1, saya cukup menggunakan uji-t dalam skripsi saya. Sedangkan ketika sudah S2, penggunaan SPSS sudah lebih rumit lagi seperti uji normalitas galat, uji homogenitas galat, analisis jalur, dan sebagainya.
SPSS masih saya pakai di dunia kerja. Ketika ada hibah penelitian dan penelitian saya lolos, maka SPSS ini akan kembali beraksi. Selain emat waktu, SPSS juga bisa menampilkan data dengan lebih akurat, kecuali memang ada human error. Dalam rangka meminimalisasi human error ini maka saya selalu menggunakan tutorial setiap hendak mengolah data. Dikarenakan apapun dan di manapun data yang kita masukkan pasti SPSS akan memberikan hasil, maka kita harus hati-hati dalam memasukkan data.
Di zaman serba teknologi ini, tidak ada salahnya kita beralih dari cara manual. Kalau dulu hitung-hitungan statistik kita perlu njlimet (bahasa jawa: sangat teliti) dalam memasukkan data atau membuat turus, sekarang saatnya move on ke cara yang lebih digital. Cara digital ini lebih efektif, akurat, dan lebih hemat waktu. Apalagi bagi ibu yang dobel job baik di ranah publik maupun domestik, manajemen waktu sangatlah penting. Menggunakan SPSS untuk menunjang pekerjaan Ibu sekaligus menyingkat waktu bekerja tentu akan lebih bermanfaat bagi pribadi Ibu dan anak-anak.
Saya sendiri belum memanfaatkan SPSS setelah menjadi Ibu, karena belum ada lowongan hibah penelitian lagi. Terakhir saya memanfaatkan SPSS ini ketika hamil Alula. Dalam kondisi super pegal di seluruh tubuh dan kondisi yang gampang lelah, SPSS ini sangat membantu pekerjaan saya. Untuk Ibu yang pekerjaannya berkaitan dengan olah statistik bisa mencoba aplikasi ini loh.
#Tantangan10Hari
#Level12
#KuliahBunsayIIP
#KeluargaMultimedia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Permainan Tong Setan dalam Tinjauan Fisika

Faktor-faktor yang Menyebabkan Pengendara Sepeda Motor Tidak Jatuh pada Permainan Tong Setan Tong setan adalah permainan atraksi sepeda atau sepeda motor yang bergerak di dalam tong berukuran raksasa. Permainan tong setan dapat dijumpai di pasar malam yang biasanya sering berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Permainan tong setan menjadi menarik karena pengendara sepeda atau sepeda motor tidak terjatuh ketika mengendarai sepeda atau sepeda motor mengelilingi tong. Hal ini ternyata dapat pula dijelaskan secara ilmiah melalui bidang fisika. Fenomena yang terjadi pada tong setan adalah contoh gerak melingkar beraturan. Gerak melingkar beraturan ini menimbulkan gaya sentral yaitu gaya sentripetal. Gaya sentripetal adalah gaya yang menarik benda ke arah pusat lingkaran supaya tetap melingkar pada lintasannya (Sariyanti, 2011). Selain gaya sentripetal, pada gerak melingkar beraturan juga berlaku gerak sentrifugal. Gerak sentrifugal ini berlawanan arah dengan gerak sentripetal. Adanya

Kajian Teoretis, Apa dan Bagaimanakah Allantoin Itu?

a.       Allantoin 1)       Karakteristik dan Sifat Allantoin Allantoin adalah senyawa kimia alami yang dihasilkan oleh banyak organisme, termasuk hewan, bakteri dan tanaman. Allantoin dapat disintesis dari hewan maupun tumbuhan serta dianggap   aman dan tidak beracun. Allantoin berasal dari gabungan purin membentuk heterosiklik organik yang berasal dari gabungan purin (Gambar 1). Allantoin disbeut juga asam glikosiklik diuriede atau 5-Ureidhyantoin. Gambar 1.  Struktur Kimia Allantoin Allantoin, dalam bentuk murni berwarna putih, tidak berbau, berbentuk bubuk kristal, dapat larut di dalam air dan alkohol dan tidak larut dalam di eter. Indeks Merck menjelaskan allantoin sebagai hasil dari metabolisme purin. Allantoin bersifat   non racun, non iritasi dan non alergi. Allantoin memiliki memiliki berat molekul 158,12 dan kelarutan dalam air adalah 0,5% dalam suhu 25 o C (Akema, 2008). Allantoin dapat larut dalam air

Review: Smart Hafiz Mempersiapkan Si Kecil Anti Smartphone

Akhir-akhir ini sering saya lihat anak-anak sudah susah terlepas dari gawai. Gawai yang mereka pakai biasanya jenis smartphone. Tak hanya anak-anak, balita bahkan batita juga sering saya lihat mulai menggunakan barang elektronik ini. Bagi saya, hal tersebut kurang mendidik. Anak-anak terutama balita seharusnya bermain untuk melatih kemampuan motorik mereka. Anak-anak yang lebih besar seharusnya bisa membangun interaksi dengan teman sebaya maupun orang di sekitarnya, bukan bersifat antisosial. Nah., latihan kemampuan motorik dan membangun kemampuan sosial ini yang tidak ditemukan dalam smartphone. Anak-anak cenderung pasif ketika menggunakan sartphone. Apalagi jika smartphone tersebut terhubung dengan internet. Anak usia 3 tahun pun bisa mengakses Youtube dan berselancar mencari video-video yang disukainya. Jika sudah terlanjur demikian, anak akan susah disapih dari benda bernama smartphone ini. Ketika kita ingin menyapih anak dari smartphone tantangannya lebih besar dibanding