Langsung ke konten utama

Kotak Kaca 2018


Bulan Januari sudah berlalu sih., tapi menyeleksi resolusi 2018 gak masalah kan? J Demi ikut Gebyar Literasi IP Semarang, jadi terngiang-ngiang resolusi 2018 yang belum sempat tertuliskan. Ada banyak sekali hal yang ingin ku lakukan di tahun 2018 ini. Dikarenakan segala sesuatu yang terlalu banyak itu tidak baik, maka aku menyeleksi semua resolusi itu. Kemudian didapatkanlah dua resolusi besar yang aku masukkan ke kotak kaca 2018-ku. Tersimpan rapi tapi bisa senantiasa terlihat. J

Istri Idaman
Sudah hampir setahun menjalani peran “istri”, tetapi merasa belum banyak hal yang sudah dilakukan. Belum menjadi idaman, masih dalam kategori standar saja. Tahun ini aku harus naik level. Menjadi istri tak boleh hanya standar-standar saja. Maka akhir-akhir ini aku gila-gilaan belajar menguasai banyak ilmu baru yang diperlukan sebagai seorang istri. Aku mencari titik lemahku dan belajar mengalahkan titik lemah itu. Dan aku harus bisa. Contoh nyata nih, aku masih kurang pintar memasak. Entah bawaan hamil atau memang kurang latihan, yang jelas aku jarang sekali bisa masak enak dan dipuji suami. Padahal., suami agak perfeksionis untuk urusan rasa. Kadang aku merasa bersalah sekali ketika aku merasa masakanku kurang enak dan suami tetap menghabiskannya. Itu masih berlanjut sampai hari ini. Titik lemah itu berusaha aku tumpas, salah satunya dengan ikut Rumbel Memasak. Semakin banyak resep yang ku serap, semakin banyak tips dan trik, harapannya aku bisa lancar memasak dalam setahun ini. Sederhana saja., salah satu hal yang aku sukai adalah masakanku dipuji suami. :D

Menjadi istri idaman tentu bukan hanya masalah bisa atau tidak bisa memasak. Aku masih harus belajar tentang penataan rumah, menjaga kerapian dan kebersihan rumah, manajemen keuangan, manajemen waktu, bahkan manajemen emosi. Untuk masalah-masalah selain memasak sih hanya perlu poles-poles sedikit, karena selama ini sudah mulai stabil. Perlu peningkatan perlahan saja sesuai perkembangan usia pernikahan dan kebutuhan. J

Super Mom
Ketika masih gadis, aku tak pernah kepikiran pengen menjadi supermom apalagi ibu-ibu rempong yang ceriwit kebanyakan aturan. Tapi, begitu hari-hari menjadi ibu semakin dekat, rasanya nano nano. Antara cemas, bahagia, gak sabaran, nervous, dan sebagainya bercampur jadi satu. Bercermin dari banyak contoh nyata ibu-ibu di sekitarku, membuatku yakin bahwa aku bisa menjadi ibu dalam pribadiku sendiri, tanpa mencontoh gaya ibu lain. Maka aku mulai merancang rencana-rencana untuk membersamai anak-anakku kelak. Untuk mewujudkan resolusi ini banyak banget yang harus aku pelajari. Mulai dari perawatan bayi, ASI, stimulasi anak, perkembangan anak, pendidikan anak mulai usia bayi, nutrisi bayi, dan sebagainya. Aku mulai aktif di grup-grup laktasi. Semua kulwap yang berkaitan dengan anak dan pendidikan aku ikuti. Semua demi peningkatan level diri, supaya bisa jadi ibu yang komplit dan tahu banyak hal.

Segera menjadi ibu adalah salah satu hal yang paling ditunggu dan menakjubkan bagiku. Hal ini bisa sejenak mengesampingkan keinginanku untuk berkarir di ranah publik. Aku ingin menjadi ibu yang total bagi anak-anak. Menjadi tempat yang paling mereka percaya dan mempunyai pelukan yang paling hangat. Aku ingin bisa memantau setiap detail perkembangan mereka. Memantau apa yang mereka makan, yang mereka lihat, dengar dan rasakan. Menjadi bagian penting dalam setiap jenjang kehidupan mereka. Dan, untuk mewujudkan itu semua, tak bisa aku lakukan hanya dengan berdiam diri. Aku harus selalu belajar dan bisa memanfaatkan moment apapun untuk belajar mengambil hikmahnya.


Cukup dua resolusi besar yang ku masukkan ke dalam kotak kaca. Tak perlu banyak. Kedua resolusi itu pun sudah cukup menyita banyak waktu dan tenaga. Semoga Allah meridhoi cita-citaku di tahun ini, sehingga kedua peran besar dalam hidupku itu bisa aku jalani dengan sukses dan bahagia. J



#GebyarLIterasiMedia
#IPSemarang
#Resolusiku
#Resolusi2018

Komentar

Posting Komentar

Thank you for visiting... 😁😁

Postingan populer dari blog ini

Permainan Tong Setan dalam Tinjauan Fisika

Faktor-faktor yang Menyebabkan Pengendara Sepeda Motor Tidak Jatuh pada Permainan Tong Setan Tong setan adalah permainan atraksi sepeda atau sepeda motor yang bergerak di dalam tong berukuran raksasa. Permainan tong setan dapat dijumpai di pasar malam yang biasanya sering berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Permainan tong setan menjadi menarik karena pengendara sepeda atau sepeda motor tidak terjatuh ketika mengendarai sepeda atau sepeda motor mengelilingi tong. Hal ini ternyata dapat pula dijelaskan secara ilmiah melalui bidang fisika. Fenomena yang terjadi pada tong setan adalah contoh gerak melingkar beraturan. Gerak melingkar beraturan ini menimbulkan gaya sentral yaitu gaya sentripetal. Gaya sentripetal adalah gaya yang menarik benda ke arah pusat lingkaran supaya tetap melingkar pada lintasannya (Sariyanti, 2011). Selain gaya sentripetal, pada gerak melingkar beraturan juga berlaku gerak sentrifugal. Gerak sentrifugal ini berlawanan arah dengan gerak sentripetal. Adanya

Review: Smart Hafiz Mempersiapkan Si Kecil Anti Smartphone

Akhir-akhir ini sering saya lihat anak-anak sudah susah terlepas dari gawai. Gawai yang mereka pakai biasanya jenis smartphone. Tak hanya anak-anak, balita bahkan batita juga sering saya lihat mulai menggunakan barang elektronik ini. Bagi saya, hal tersebut kurang mendidik. Anak-anak terutama balita seharusnya bermain untuk melatih kemampuan motorik mereka. Anak-anak yang lebih besar seharusnya bisa membangun interaksi dengan teman sebaya maupun orang di sekitarnya, bukan bersifat antisosial. Nah., latihan kemampuan motorik dan membangun kemampuan sosial ini yang tidak ditemukan dalam smartphone. Anak-anak cenderung pasif ketika menggunakan sartphone. Apalagi jika smartphone tersebut terhubung dengan internet. Anak usia 3 tahun pun bisa mengakses Youtube dan berselancar mencari video-video yang disukainya. Jika sudah terlanjur demikian, anak akan susah disapih dari benda bernama smartphone ini. Ketika kita ingin menyapih anak dari smartphone tantangannya lebih besar dibanding

Kajian Teoretis, Apa dan Bagaimanakah Allantoin Itu?

a.       Allantoin 1)       Karakteristik dan Sifat Allantoin Allantoin adalah senyawa kimia alami yang dihasilkan oleh banyak organisme, termasuk hewan, bakteri dan tanaman. Allantoin dapat disintesis dari hewan maupun tumbuhan serta dianggap   aman dan tidak beracun. Allantoin berasal dari gabungan purin membentuk heterosiklik organik yang berasal dari gabungan purin (Gambar 1). Allantoin disbeut juga asam glikosiklik diuriede atau 5-Ureidhyantoin. Gambar 1.  Struktur Kimia Allantoin Allantoin, dalam bentuk murni berwarna putih, tidak berbau, berbentuk bubuk kristal, dapat larut di dalam air dan alkohol dan tidak larut dalam di eter. Indeks Merck menjelaskan allantoin sebagai hasil dari metabolisme purin. Allantoin bersifat   non racun, non iritasi dan non alergi. Allantoin memiliki memiliki berat molekul 158,12 dan kelarutan dalam air adalah 0,5% dalam suhu 25 o C (Akema, 2008). Allantoin dapat larut dalam air