Langsung ke konten utama

Memulai Mencari Jejak Gaya Belajar Suami


Materi Bunda Sayang kali ini menarik sekali, yaitu tentang “Melatih Gaya Belajar Anak”. Berdasarkan materi kelas Bunda Sayang di hari sebelumnya, gaya belajar anak itu sendiri dapat dibagi menjadi tiga. Apa sajakah tipe gaya belajar anak tersebut? Yang pertama adalah gaya belajar visual, di mana anak lebih banyak menggunakan kemampuan melihat dalam belajar. Kedua, gaya belajar auditori yaitu anak lebih banyak menggunakan kemampuan mendengar dalam belajar. Terakhir, gaya belajar kinestetik yaitu anak membutuhkan pengalaman langsung dalam belajar. Ketiga gaya belajar ini sempat menggelitik pikiran saya ketika kuliah. Ketertarikan yang begitu besar kala itu, membuat saya sempat berangan-angan memiliki sekolah sendiri dengan penjurusan berdasarkan gaya belajar. Angan-angan itu sampai hari ini masih sebatas angan saja. Semoga suatu hari Allah memberi kesempatan menjadikannya nyata. J

Nah.. kali ini tantangan 10 hari lebih cenderung pada pengamatan gaya belajar. Mengapa fokus pada pengamatan? Karena mengetahui gaya belajar seseorang tidak bisa hanya sehari dua hari. Perlu penggunaan kelima indera untuk benar-benar mengetahui gaya belajar seseorang. Dalam mengerjakan tantangan 10 hari ini, saya masih pada obyek yang sama yaitu suami dan diri sendiri. Saya anggap ini sebagai latihan, sebelum kelak benar-benar diterapkan untuk anak-anak.

Saya sempat bertanya-tanya, apakah gaya belajar ini bisa diwariskan? Kalau iya, sampai seberapa besar gaya belajar bisa diwariskan?. Karena saya belum pernah membaca referensi tentang hal ini, saya coba mencari tahu sendiri dengan melakukan pengamatan di keluarga kecil kami. Hal pertama yang saya lakukan adalah mengulik perjalanan belajar suami dan mengklasifikasikan gaya belajarnya, kemudian flash back perjalanan belajar diri sendiri dan tentu saja mengklasifikasikannya juga. Hasil gaya belajar dari pengamatan diri sendiri dan suami, kemudian akan dicocokkan dengan gaya belajar anak nantinya. Sehingga bisa terjawab, apakah gaya belajar ini diwariskan atau tidak.

Perlu banyak observasi dan wawancara untuk mengetahui kecenderungan gaya belajar suami, karena saya belum mengenalnya sama sekali ketika masih sekolah. Maka dimulailah pencarian jejak dari korek mengkorek cerita suami ketika zaman sekolah. Di hari pertama ini, saya belum menemukan titik terang. Berdasarkan cerita beberapa orang dekat, suami memang dikenal memiliki kemampuan di atas rata-rata. Ia juga bisa melanjutkan SMA karena selama 3 tahun mendapatkan beasiswa (*padahal saya gak pernah dapet beasiswa satu kali pun.. L). Ini bikin saya penasaran, sebenarnya bagaimana belajarnya ketika masih sekolah dulu?. Ketika ditanya-tanya, suami bilang ia jarang sekali belajar. Kalau sudah pulang sekolah ya sudah, tidak ada lagi agenda membuka buku untuk belajar. Nah loo... saya dari zaman SD sudah giat sekali belajar, sampai kuliah tetap gak pernah dapet beasiswaa. Hiks....

Jika saya telusuri lebih lanjut, sebenarnya suami bukan orang yang telaten. Ia cenderung berantakan, bahkan dalam hal apapun. Saya bisa membayangkan, dulu ketika sekolah bisa jadi bukunya cuma satu untuk banyak mata pelajaran. Berbeda dengan saya yang rajin sekali memisahkan buku dan menyampulinya setiap tahun ajaran baru. Karena bukan orang yang telaten, tentu saja ia terlihat “pintar” bukan karena catatan. Mungkin karena ia sering terlalu berani berbicara (*entah salah atau benar) sehingga orang-orang berpikiran ia cerdas dan berwawasan luas. Padahal.., kadang debat sama saya beberapa pendapatnya kurang berdasar. Tapi masih aja ngeyel , gak mau kalah.

#harike1
#Tantangan10hari
#GameLevel4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunsayIIP

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Permainan Tong Setan dalam Tinjauan Fisika

Faktor-faktor yang Menyebabkan Pengendara Sepeda Motor Tidak Jatuh pada Permainan Tong Setan Tong setan adalah permainan atraksi sepeda atau sepeda motor yang bergerak di dalam tong berukuran raksasa. Permainan tong setan dapat dijumpai di pasar malam yang biasanya sering berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Permainan tong setan menjadi menarik karena pengendara sepeda atau sepeda motor tidak terjatuh ketika mengendarai sepeda atau sepeda motor mengelilingi tong. Hal ini ternyata dapat pula dijelaskan secara ilmiah melalui bidang fisika. Fenomena yang terjadi pada tong setan adalah contoh gerak melingkar beraturan. Gerak melingkar beraturan ini menimbulkan gaya sentral yaitu gaya sentripetal. Gaya sentripetal adalah gaya yang menarik benda ke arah pusat lingkaran supaya tetap melingkar pada lintasannya (Sariyanti, 2011). Selain gaya sentripetal, pada gerak melingkar beraturan juga berlaku gerak sentrifugal. Gerak sentrifugal ini berlawanan arah dengan gerak sentripetal. Adanya

Review: Smart Hafiz Mempersiapkan Si Kecil Anti Smartphone

Akhir-akhir ini sering saya lihat anak-anak sudah susah terlepas dari gawai. Gawai yang mereka pakai biasanya jenis smartphone. Tak hanya anak-anak, balita bahkan batita juga sering saya lihat mulai menggunakan barang elektronik ini. Bagi saya, hal tersebut kurang mendidik. Anak-anak terutama balita seharusnya bermain untuk melatih kemampuan motorik mereka. Anak-anak yang lebih besar seharusnya bisa membangun interaksi dengan teman sebaya maupun orang di sekitarnya, bukan bersifat antisosial. Nah., latihan kemampuan motorik dan membangun kemampuan sosial ini yang tidak ditemukan dalam smartphone. Anak-anak cenderung pasif ketika menggunakan sartphone. Apalagi jika smartphone tersebut terhubung dengan internet. Anak usia 3 tahun pun bisa mengakses Youtube dan berselancar mencari video-video yang disukainya. Jika sudah terlanjur demikian, anak akan susah disapih dari benda bernama smartphone ini. Ketika kita ingin menyapih anak dari smartphone tantangannya lebih besar dibanding

Kajian Teoretis, Apa dan Bagaimanakah Allantoin Itu?

a.       Allantoin 1)       Karakteristik dan Sifat Allantoin Allantoin adalah senyawa kimia alami yang dihasilkan oleh banyak organisme, termasuk hewan, bakteri dan tanaman. Allantoin dapat disintesis dari hewan maupun tumbuhan serta dianggap   aman dan tidak beracun. Allantoin berasal dari gabungan purin membentuk heterosiklik organik yang berasal dari gabungan purin (Gambar 1). Allantoin disbeut juga asam glikosiklik diuriede atau 5-Ureidhyantoin. Gambar 1.  Struktur Kimia Allantoin Allantoin, dalam bentuk murni berwarna putih, tidak berbau, berbentuk bubuk kristal, dapat larut di dalam air dan alkohol dan tidak larut dalam di eter. Indeks Merck menjelaskan allantoin sebagai hasil dari metabolisme purin. Allantoin bersifat   non racun, non iritasi dan non alergi. Allantoin memiliki memiliki berat molekul 158,12 dan kelarutan dalam air adalah 0,5% dalam suhu 25 o C (Akema, 2008). Allantoin dapat larut dalam air