Langsung ke konten utama

Review Little Abid: Aku Rajin Mengaji



Pengalaman pertama membacakan Little Abid untuk Alula. Begitu buku dibuka, Alula spontan tertarik. Bagaimana tidak? Desain buku sangat menarik dan full colour. Buku juga mudah dipegang. Sesuai dengan tangan anak. Tidak terlalu tebal namun tidak mudah sobek. Pokoknya didesain khusus untuk balita. Saya membacakan Little Abid yang berjudul Aku Rajin Mengaji. Bukan karena alasan tertentu, tapi kebetulan aja buku tersebut terletak paling atas.

Buku Aku Rajin Mengaji berkisah tentang perjalanan Abid bersama keluarganya ketika naik pesawat terbang. Dikisahkan bahwa Abid penasaran dengan laut yang bisa terbelah. Ia sangat ingin melihat laut tersebut dari atas pesawat. Tahukah laut apa yang dimaksud Abid? Ternyata maksud laut tersebut adalah Selat Gibraltar. Selat Gibraltar ini istimewa sekali karena terdapat pertemuan antara laut air asin dan air tawar, yang membuatnya seolah terbelah jika dilihat dari ketinggian.

Pertemuan antara dua laut di Selat Gibraltar ini telah dijelaskan ribuan tahun lalu dalam Al-Qur'an. Sebelum para ilmuwan menemukan fakta atas fenomena alam tersebut, Al-Qur'an sudah terlebih dahulu menjelaskannya.

Usai membaca buku Aku Rajin Mengaji, yang terlintas dalam pikiran saya hanya satu kata "amazing". Cerita balita bisa dikemas sedemikian sederhana dengan muatan yang bermutu. Saya jadi membayangkan kelak akan banyak balita-balita macam Abid yang sekecil itu sudah punya banyak pengetahuan. Menginspirasi menurut saya.
Cerita balita biasanya dikemas dengan sederhana baik isi maupun kalimatnya. Namun, Little Abid ini sungguh beda. Berkisah tentang Aku Rajin Mengaji bukan hanya masalah huruf alif, ba, ta, dan seterusnya. Namun, di balik kisah ini ada pengetahuan-pengetahuan yang terdapat dalam Al-Qur'an. Hal tersebut tentu memperkaya pengetahuan kita sebagai orang tua.

Sisi keren kisah ini juga diperlihatkan dari figur ayah dan bunda Abid. Di buku ini dikisahkan bahwa Bunda Abid bisa menjawab semua pertanyaan Abid. Bunda Abid digambarkan sebagai seorang bunda yang smart dan bijaksana, seolah ia punya jawaban atas semua pertanyaan anak-anaknya. Ini juga menginspirasi saya. Betapa bahagianya seorang anak jika orang tuanya terutama ibu bisa menjawab semua pertanyaan lugu mereka. Jika semua ibu demikian, bisa jadi tak ada lagi kasus susahnya menumbuhkan minat bertanya pada anak sekolah. Mengapa? Karena anak-anak selalu puas setiap kali mereka bertanya. Kepuasan tersebut akan menimbulkan rasa ingin bertanya lagi dan lagi.

Jadi menurut saya pribadi, buku ini sangat direkomendasikan untuk balita. Selain sebagai upaya mengenalkan buku pada anak, buku ini juga bermanfaat untuk menanamkan nilai-nilai moral pada balita. Bukankah membahagiakan jika anak kita tumbuh menjadi pribadi yang aktif, santun, dan cerdas? Semua itu dapat kita mulai dari membacakan buku untuk anak.

-Temanggung, 2 Februari 2019-

Komentar

  1. Iya, ngeliat covernya saya udah suka apalagi setelah baca reviewnya. Keren banget Bun bukunya😍

    BalasHapus
  2. Iya bun.. Bukunya paketan. Mengajarkan adab pada anak".

    BalasHapus

Posting Komentar

Thank you for visiting... 😁😁

Postingan populer dari blog ini

Permainan Tong Setan dalam Tinjauan Fisika

Faktor-faktor yang Menyebabkan Pengendara Sepeda Motor Tidak Jatuh pada Permainan Tong Setan Tong setan adalah permainan atraksi sepeda atau sepeda motor yang bergerak di dalam tong berukuran raksasa. Permainan tong setan dapat dijumpai di pasar malam yang biasanya sering berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Permainan tong setan menjadi menarik karena pengendara sepeda atau sepeda motor tidak terjatuh ketika mengendarai sepeda atau sepeda motor mengelilingi tong. Hal ini ternyata dapat pula dijelaskan secara ilmiah melalui bidang fisika. Fenomena yang terjadi pada tong setan adalah contoh gerak melingkar beraturan. Gerak melingkar beraturan ini menimbulkan gaya sentral yaitu gaya sentripetal. Gaya sentripetal adalah gaya yang menarik benda ke arah pusat lingkaran supaya tetap melingkar pada lintasannya (Sariyanti, 2011). Selain gaya sentripetal, pada gerak melingkar beraturan juga berlaku gerak sentrifugal. Gerak sentrifugal ini berlawanan arah dengan gerak sentripetal. Adanya

Kajian Teoretis, Apa dan Bagaimanakah Allantoin Itu?

a.       Allantoin 1)       Karakteristik dan Sifat Allantoin Allantoin adalah senyawa kimia alami yang dihasilkan oleh banyak organisme, termasuk hewan, bakteri dan tanaman. Allantoin dapat disintesis dari hewan maupun tumbuhan serta dianggap   aman dan tidak beracun. Allantoin berasal dari gabungan purin membentuk heterosiklik organik yang berasal dari gabungan purin (Gambar 1). Allantoin disbeut juga asam glikosiklik diuriede atau 5-Ureidhyantoin. Gambar 1.  Struktur Kimia Allantoin Allantoin, dalam bentuk murni berwarna putih, tidak berbau, berbentuk bubuk kristal, dapat larut di dalam air dan alkohol dan tidak larut dalam di eter. Indeks Merck menjelaskan allantoin sebagai hasil dari metabolisme purin. Allantoin bersifat   non racun, non iritasi dan non alergi. Allantoin memiliki memiliki berat molekul 158,12 dan kelarutan dalam air adalah 0,5% dalam suhu 25 o C (Akema, 2008). Allantoin dapat larut dalam air

Review Jurnal Bayi Muslim

Judul: Jurnal Bayi Muslim Penerbit: Ihsan Media Penyusun: Beranda Journal Saya termasuk seseorang yang suka sekali dengan benda-benda sentimental. Sejak dulu kecil sampai saat ini ketika sudah menjadi ibu. Salah satu benda sentimental ketika saya sudah menjadi ibu adalah “Jurnal Bayi Muslim” atau disingkat JBM. JBM ini berisi tentang album foto dan catatan aktivitas bayi usia 0 – 5 tahun. Aktivitas bayi berupa foto dan catatan dapat kita abadikan di jurnal ini sejak bayi berumur 0 bulan. SPESIFIKASI PRODUK Kelebihan JBM dicetak dengan hardcover tebal dengan jilid ring yang kuat. Bagian dalam dicetak dengan kertas glossy tebal sehingga tidak mudah sobek. Desain bagian dalam jurnal (isi) dikemas dengan sangat menarik, serta warna-warna cerah yang mendominasi setiap detail desainnya. Font tulisan yang digunakan juga sesuai dan mudah dibaca. Di beberapa halaman dilengkapi dengan cuplikan ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadits, seperti mengingatkan kita pada keagungan Rabb yan