Langsung ke konten utama

Anakku Gila Membaca, Mengapa Tidak?


Semakin canggihnya teknologi tidak akan meredupkan semangat membaca buku. Justru seiring dengan perkembangan zaman, seharusnya minat baca masyarakat mengalami peningkatan. Mungkin hal ini tidak menjadi masalah yang serius bagi negara-negara maju. Namun, menjadi PR bagi negara berkembang khususnya Indonesia. Indonesia termasuk peringkat kedua terbawah dalam lingkup membaca buku. Artinya minat baca masyarakat Indonesia masih sangat rendah.

Minat baca yang rendah menyebabkan seseorang kurang antusias dalam memperbaiki dan menambah ilmunya. Orang dengan minat baca yang rendah akan mudah goyah pendiriannya dan mudah percaya pada berita hoax. Orang-orang seperti ini biasanya mudah tersulut emosinya dalam menanggapi fenomena sosial di masyarakat.

Minat baca anak akan tumbuh seiring dengan stimulasi yang diberikan orang tuanya. Orang tua yang gemar membaca dapat menjadi teladan utama bagi anak-anak untuk meniru kebiasaan orang tuanya. Bagaimana jika orang tua terlanjur tidak gemar membaca? Jika demikian, orang tua bisa menciptakan suasana dan menyediakan fasilitas yang mendukung minat baca. Sering mengajak anak ke perpustakaan atau belanja buku akan membantu anak mencintai buku.

Berikut adalah beberapa tips dan trik membuat anak gila membaca.

1. Tidak ada TV di rumah. Acara TV zaman sekarang lebih banyak yang kurang ramah anak. Mengurangi frekuensi menonton TV atau bahkan meniadakan TV di rumah akan lebih baik bagi anak-anak.

2. Membuat jadwal jika hendak belajar dari youtube. Jika anak sudah usia di atas 5 tahun, kita bisa menjadwalkan anak untuk belajar dari youtube, misalnya pada hari Sabtu. Selain hari yang dijadwalkan, anak tidak diperbolehkan mengakses youtube.

3. Membacakan kisah sejak kecil. Membacakan kisah pada si kecil akan membuatnya tertarik pada buku. Ketika kita membacakan kisah, kita perlu memperlihatkan pada anak bahwa membaca adalah hal yang menyenangkan. Jika orang tua terlihat senang membaca, biasanya anak akan meniru.

4. Hampir tidak pernah menunda dan menolak ketika anak ingin dibacakan buku, dalam keadaan sepayah apa pun. Kita harus senantiasa melayani anak ketika mereka meminta dibacakan buku. Jangan sampai keinginan mereka yang pupus membuat mereka kecewa dan enggan karena permintaannya tidak dipenuhi.

5. Pajang buku di tempat terbuka. Pajang buku-buku di tempat yang mudah dilihat anak. Jika anak sudah melalui fase oral, buku-buku bisa dipajang di rak yang terjangkau oleh tangan mereka, sehingga mereka dapat mengambil buku tanpa kesulitan

6. Selalu menjawab pertanyaan apapun dengan antusias dan tuntas. Ketika anak bertanya; mengapa ibu selalu bisa menjawab pertanyaanku? Seketika itu juga senjata kita keluarkan: ibu mendapatka semua semua jawaban karena membaca buku/al quran/hadist (sesuai konteks pertanyaan)

7. Jika mereka minta menambah koleksi buku langsung disetujui aja, bahkan tanpa mereka minta pun kita bisa mengagendakan waktu rutin untuk membeli buku. Beda kasusnya dengan keinginan untuk menambah mainan. Jika mainan yang mereka minta, kita arahkan mereka untuk menabung. Lama-kelamaan muncul pertanyaan: kenapa jika buku langsung dibelikan, tapi kalau mainan harus menabung dulu?. Saat itulah jawaban seindah mungkin tentang kebaikan buku dan pentingnya membaca kita hadirkan

8. Rutin ajak anak ke toko buku, biarkan anak-anak memilih buku yang mereka suka. Seperti pepatah Jawa "witing tresna jalaran saka kulina" (mulainya cinta karena terbiasa) ini benar adanya. Kebiasaan membeli buku akan membuat mereka mencintai buku karena terbiasa.

9. Adakan jam khusus untuk membaca buku bersama. Waktu membaca bersama disesuaikan degan waktu luang keluarga masing-masing. Sepakati waktu tersebut sehingga anak dan orang tua menjadi terbiasa.

10. Ada rak khusus buku untuk anak-anak. Kalau anak lebih dari satu, pisahkan buku kesukaan mereka. Namun, masing-masing boleh pinjam buku dari saudaranya yang lain. Hal ini juga bisa mengasah tanggung jawab mereka.

Membuat anak gila membaca agaknya bukan hal yang sulit ya? Tips dan trik tersebut dapat mulai kita praktikkan satu per satu. Intinya konsisten dan jangan mudah menyerah. Semoga anak-anak kita termasuk anak-anak yang suka membaca dan dapat bermanfaat bagi lebih banyak orang.


-Temanggung, 1 Februari 2019-


Komentar

  1. Keren banget mba.. alu juga lg membiasakan nggak nonton tv. Semoga bisa aku terapkan kelak ke anak nanti..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku sejak jadi anak kos jaraaang bgt nonton tv.. Sekarang gak pernah nonton tv..

      Hapus

Posting Komentar

Thank you for visiting... 😁😁

Postingan populer dari blog ini

Permainan Tong Setan dalam Tinjauan Fisika

Faktor-faktor yang Menyebabkan Pengendara Sepeda Motor Tidak Jatuh pada Permainan Tong Setan Tong setan adalah permainan atraksi sepeda atau sepeda motor yang bergerak di dalam tong berukuran raksasa. Permainan tong setan dapat dijumpai di pasar malam yang biasanya sering berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Permainan tong setan menjadi menarik karena pengendara sepeda atau sepeda motor tidak terjatuh ketika mengendarai sepeda atau sepeda motor mengelilingi tong. Hal ini ternyata dapat pula dijelaskan secara ilmiah melalui bidang fisika. Fenomena yang terjadi pada tong setan adalah contoh gerak melingkar beraturan. Gerak melingkar beraturan ini menimbulkan gaya sentral yaitu gaya sentripetal. Gaya sentripetal adalah gaya yang menarik benda ke arah pusat lingkaran supaya tetap melingkar pada lintasannya (Sariyanti, 2011). Selain gaya sentripetal, pada gerak melingkar beraturan juga berlaku gerak sentrifugal. Gerak sentrifugal ini berlawanan arah dengan gerak sentripetal. Adanya

Kajian Teoretis, Apa dan Bagaimanakah Allantoin Itu?

a.       Allantoin 1)       Karakteristik dan Sifat Allantoin Allantoin adalah senyawa kimia alami yang dihasilkan oleh banyak organisme, termasuk hewan, bakteri dan tanaman. Allantoin dapat disintesis dari hewan maupun tumbuhan serta dianggap   aman dan tidak beracun. Allantoin berasal dari gabungan purin membentuk heterosiklik organik yang berasal dari gabungan purin (Gambar 1). Allantoin disbeut juga asam glikosiklik diuriede atau 5-Ureidhyantoin. Gambar 1.  Struktur Kimia Allantoin Allantoin, dalam bentuk murni berwarna putih, tidak berbau, berbentuk bubuk kristal, dapat larut di dalam air dan alkohol dan tidak larut dalam di eter. Indeks Merck menjelaskan allantoin sebagai hasil dari metabolisme purin. Allantoin bersifat   non racun, non iritasi dan non alergi. Allantoin memiliki memiliki berat molekul 158,12 dan kelarutan dalam air adalah 0,5% dalam suhu 25 o C (Akema, 2008). Allantoin dapat larut dalam air

Review Jurnal Bayi Muslim

Judul: Jurnal Bayi Muslim Penerbit: Ihsan Media Penyusun: Beranda Journal Saya termasuk seseorang yang suka sekali dengan benda-benda sentimental. Sejak dulu kecil sampai saat ini ketika sudah menjadi ibu. Salah satu benda sentimental ketika saya sudah menjadi ibu adalah “Jurnal Bayi Muslim” atau disingkat JBM. JBM ini berisi tentang album foto dan catatan aktivitas bayi usia 0 – 5 tahun. Aktivitas bayi berupa foto dan catatan dapat kita abadikan di jurnal ini sejak bayi berumur 0 bulan. SPESIFIKASI PRODUK Kelebihan JBM dicetak dengan hardcover tebal dengan jilid ring yang kuat. Bagian dalam dicetak dengan kertas glossy tebal sehingga tidak mudah sobek. Desain bagian dalam jurnal (isi) dikemas dengan sangat menarik, serta warna-warna cerah yang mendominasi setiap detail desainnya. Font tulisan yang digunakan juga sesuai dan mudah dibaca. Di beberapa halaman dilengkapi dengan cuplikan ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadits, seperti mengingatkan kita pada keagungan Rabb yan