Langsung ke konten utama

Biografi Singkat JK Rowling



Siapa yang tidak mengenal J.K. Rowling? Ia adalah seorang novelis Inggris yang terkenal bahkan hampir di seluruh dunia. Melalui Harry Potter, ia berhasil menjadi salah satu wanita terkaya di Inggris. Ia menjadi sorotan kesusateraan internasional setelah tiga seri novel pertamanya berhasil menembus daftar New York Times best-seller. Keberhasilan Rowling bukanlah sesuatu yang instan. Di balik kesuksesan tersebut, banyak kepahitan yang harus ia jalani. Berikut biografi singkat J.K. Rowling.

J.K. Rowling memiliki nama lengkap Joanne Kathleen Rowling. Ia lahir di Yate, Gloucestershire Utara, Inggris pada tanggal 31 Juli 1965. Saat ini ia tinggal di Barton, Edinburgh, Scotlandia. Ia menempuh pendidikan Bachelor of Arts di Universitas Exeter. Setelah lulus dari Universitas Exeter, pada tahun 1990 Rowling mengajar Bahasa Inggris di Portugal. Kepindahannya ke Portugal mempertemukannya dengan seorang wartawan Portugis, Jorge Arantes. Mereka kemudian menikah dan dikaruniai seorang anak perempuan, Jessica.

Jessica lahir pada tahun 1993. Namun, rumah tangga Rowling dan Arantes mulai retak dan berakhir pada perceraian pada tahun 1995. Perceraian membuat Rowling memutuskan untuk pindah ke Edinburgh. Di Edinburgh, Rowling mengalami kesulitan keuangan. Ia hampir tidak bisa menghidupi dirinya sendiri dan Jessica. Ia berusaha mencari berbagai cara supaya kehidupan mereka membaik, hingga ia memutuskan untuk memulai menulis buku.

Harry Potter menjadi ide tulisan Rowling yang brilian. Bersama mesin ketik tua, ia mulai menulis cerita yang mendunia tersebut. Kesulitan ekonomi yang membelit Rowling, membuatnya terpaksa mengetik ulang naskah yang sama supaya naskah tersebut dapat diberikan kepada beberapa penerbit. Ia benar-benar dalam kondisi tidak punya uang, bahkan hanya untuk fotocopy naskah.

Naskah Rowling tidak langsung diterima oleh satu penerbit. Ia harus mengalami belasan penolakan. Penolakan demi penolakan tidak membuat Rowling putus asa. Pada akhirnya setelah mengalami penolakan hingga 12 kali, penerbit ke-13 menerima naskahnya. Penerbit tersebut menerima naskah Rowling dan mulai memasarkannya. Melalui penerbit tersebut, Rowling dapat menjual Harry Potter dan Batu Bertuah sebanyak $4000.

Rowling telah menulis tujuh seri novel Harry Potter. Tiga seri pertamanya (Harry Potter dan Batu Bertuah, Harry Potter dan Kamar Rahasia, serta Harry Potter dan Tawanan Azkaban) berhasil menduduki peringkat teratas di New York Times. Kesuksesan tersebut dilanjutkan di seri ke-4 yaitu Harry Potter dan Piala Api. Novel tersebut diterbitkan pada bulan Juli tahun 2000 dan menjadi salah satu buku paling laris.

Di bulan Desember 2001, Rowling menikah lagi dengan Dr. Neil Murray di Skotlandia. Melalui pernikahan tersebut, ia dikaruniai seorang anak laki-laki, David Gordon Rowling Murray dan serorang anak perempuan Mackenzie Jean Rowling Murray. Mereka saat ini berada di Edinburgh, Skotlandia.

Rowling melanjutkan seri selanjutnya yaitu Harry Potter dan Orde Phoenix pada Juni 2003. Buku keenam, Harry Potter dan Pangeran Berdarah Campuran  pada Juli 2005 serta buku ketujuh, Harry Potter dan Relikui Kematian pada tahun 2007. Semua novel Harry Potter telah diangkat ke layar lebar dan telah menuai banyak kesuksesan



#readingchallengeodop
#onedayonepost
#tantanganRCOlevel4
#tantangan2

Komentar

  1. dari JK. Rowling kita belajar agar tidak menyerah meski mengalami penolakan berkali2...😍😍

    BalasHapus
  2. Salut sama kisah perjuangan hidup JK Rowling. Tapi aku belum pernah baca bukunya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Thank you for visiting... 😁😁

Postingan populer dari blog ini

Permainan Tong Setan dalam Tinjauan Fisika

Faktor-faktor yang Menyebabkan Pengendara Sepeda Motor Tidak Jatuh pada Permainan Tong Setan Tong setan adalah permainan atraksi sepeda atau sepeda motor yang bergerak di dalam tong berukuran raksasa. Permainan tong setan dapat dijumpai di pasar malam yang biasanya sering berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Permainan tong setan menjadi menarik karena pengendara sepeda atau sepeda motor tidak terjatuh ketika mengendarai sepeda atau sepeda motor mengelilingi tong. Hal ini ternyata dapat pula dijelaskan secara ilmiah melalui bidang fisika. Fenomena yang terjadi pada tong setan adalah contoh gerak melingkar beraturan. Gerak melingkar beraturan ini menimbulkan gaya sentral yaitu gaya sentripetal. Gaya sentripetal adalah gaya yang menarik benda ke arah pusat lingkaran supaya tetap melingkar pada lintasannya (Sariyanti, 2011). Selain gaya sentripetal, pada gerak melingkar beraturan juga berlaku gerak sentrifugal. Gerak sentrifugal ini berlawanan arah dengan gerak sentripetal. Adanya

Kajian Teoretis, Apa dan Bagaimanakah Allantoin Itu?

a.       Allantoin 1)       Karakteristik dan Sifat Allantoin Allantoin adalah senyawa kimia alami yang dihasilkan oleh banyak organisme, termasuk hewan, bakteri dan tanaman. Allantoin dapat disintesis dari hewan maupun tumbuhan serta dianggap   aman dan tidak beracun. Allantoin berasal dari gabungan purin membentuk heterosiklik organik yang berasal dari gabungan purin (Gambar 1). Allantoin disbeut juga asam glikosiklik diuriede atau 5-Ureidhyantoin. Gambar 1.  Struktur Kimia Allantoin Allantoin, dalam bentuk murni berwarna putih, tidak berbau, berbentuk bubuk kristal, dapat larut di dalam air dan alkohol dan tidak larut dalam di eter. Indeks Merck menjelaskan allantoin sebagai hasil dari metabolisme purin. Allantoin bersifat   non racun, non iritasi dan non alergi. Allantoin memiliki memiliki berat molekul 158,12 dan kelarutan dalam air adalah 0,5% dalam suhu 25 o C (Akema, 2008). Allantoin dapat larut dalam air

Review Jurnal Bayi Muslim

Judul: Jurnal Bayi Muslim Penerbit: Ihsan Media Penyusun: Beranda Journal Saya termasuk seseorang yang suka sekali dengan benda-benda sentimental. Sejak dulu kecil sampai saat ini ketika sudah menjadi ibu. Salah satu benda sentimental ketika saya sudah menjadi ibu adalah “Jurnal Bayi Muslim” atau disingkat JBM. JBM ini berisi tentang album foto dan catatan aktivitas bayi usia 0 – 5 tahun. Aktivitas bayi berupa foto dan catatan dapat kita abadikan di jurnal ini sejak bayi berumur 0 bulan. SPESIFIKASI PRODUK Kelebihan JBM dicetak dengan hardcover tebal dengan jilid ring yang kuat. Bagian dalam dicetak dengan kertas glossy tebal sehingga tidak mudah sobek. Desain bagian dalam jurnal (isi) dikemas dengan sangat menarik, serta warna-warna cerah yang mendominasi setiap detail desainnya. Font tulisan yang digunakan juga sesuai dan mudah dibaca. Di beberapa halaman dilengkapi dengan cuplikan ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadits, seperti mengingatkan kita pada keagungan Rabb yan