Langsung ke konten utama

Dataran Tortilla



Buku ini direkomendasikan salah satu teman RCO, karena saya kebingungan mencari novel yang ditulis oleh nobelis sastra atau novel yang mendapat penghargaan nobel. Minim ide dan koleksi membuat saya membaca novel ini. Sebenarnya inti dari novel ini sepele kalau menurut saya, yaitu tentang rumah dan anggur.

Diceritakan bahwa Danny hidup terkatung-katung di jalanan pasca pemberhentian dirinya sebagai tentara. Kemudian ia bertemu dengan Pilon, sahabatnya yang sedang membawa sebotol anggur. Anggur menjadi sesuatu yang sedemikian berharga bagi masyarakat Italia. Sehingga mereka rela menukarkan apa saja hanya demi sebotol anggur. Danny ingin meningkatkan derajat hidupnya, namun ia tak punya ide tentang hal itu. Pilonlah yang kemudian mengingatkan dirinya tentang warisan dua rumah peninggalan sang kakek.

Danny pun mengurus warisan tersebut, jadilah ia memiliki dua buah rumah. Kepemilikan rumah cukup membuat ia merasa percaya diri dan dianggap terpandang. Namun, tetap saja Danny tidak punya uang. Kemudian ia mendapat ide untuk menyewakan salah satu rumahnya kepada Pilon. Pilon menyetujuinya. Ia pun menyewa rumah Danny seharga 15 dollar.

Seiring berjalannya waktu, Pilon tak bisa membayar sewa. Tanggung jawab tersebut kalah dengan sebotol anggur. Lalu ia bertemu dengan Pablo dan Jesus Maria Corcoran untuk diajak berbagi rumah sewa Danny, hingga rumah tersebut terbakar. Terbakarnya rumah tersebut membuat mereka semua tinggal bersama di rumah Danny.

Dalam kebersamaan mereka di rumah Danny terdapat banyak sekali cerita yang sebenarnya inti masalahnya adalah rumah dan anggur. Begitu banyak kejadian yang dilewati Danny dan teman-temannya. Demikian banyak hal yang dilalui di rumah warisan kakek Danny tersebut. Hingga akhirnya Danny meninggal setelah berpesta dan meminum bergalon-galon anggur.

Danny dimakamkan dalam upacara pemakaman militer, karena ia merupakan bekas tentara. Semua merasa kehilangan Danny terutama kawan-kawannya. Kawan-kawan Danny merasa terpukul hingga mereka berpikiran bahwa rumah Danny yang mereka tinggali pun harus pergi seiring dengan kematian Danny. Rumah tersebut terbakar, kemudian kawan-kawan Danny pergi meninggalkan bekas rumah tersebut ke tujuan yang berbeda-beda. Persahabatan mereka seolah terpecah seiring dengan kematian Danny dan rumahnya.

Alasan mengapa novel ini mendapat nobel mungkin karena isi ceritanya yang berbeda dan berbobot. Ada beberapa amanat yang ingin disampaikan penulis tentang sudut pandang dalam mengatasi masalah. Walaupun, beberapa kali saya mengerutkan kening karena tidak habis pikir dengan ide cerita penulis. Banyak sekali ide cerita yang tidak terpikirkan oleh saya sebelumnya. Novel berlatar negara Italia tempo dulu ini cukup menggambarkan kondisi sosial masyarakat Italia serta sudut pandangnya dalam menyikapi atau memandang sesuatu.


#readingchallengeodop
#ondedayonepost
#tantanganRCO
#tantangan2


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Permainan Tong Setan dalam Tinjauan Fisika

Faktor-faktor yang Menyebabkan Pengendara Sepeda Motor Tidak Jatuh pada Permainan Tong Setan Tong setan adalah permainan atraksi sepeda atau sepeda motor yang bergerak di dalam tong berukuran raksasa. Permainan tong setan dapat dijumpai di pasar malam yang biasanya sering berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Permainan tong setan menjadi menarik karena pengendara sepeda atau sepeda motor tidak terjatuh ketika mengendarai sepeda atau sepeda motor mengelilingi tong. Hal ini ternyata dapat pula dijelaskan secara ilmiah melalui bidang fisika. Fenomena yang terjadi pada tong setan adalah contoh gerak melingkar beraturan. Gerak melingkar beraturan ini menimbulkan gaya sentral yaitu gaya sentripetal. Gaya sentripetal adalah gaya yang menarik benda ke arah pusat lingkaran supaya tetap melingkar pada lintasannya (Sariyanti, 2011). Selain gaya sentripetal, pada gerak melingkar beraturan juga berlaku gerak sentrifugal. Gerak sentrifugal ini berlawanan arah dengan gerak sentripetal. Adanya

Kajian Teoretis, Apa dan Bagaimanakah Allantoin Itu?

a.       Allantoin 1)       Karakteristik dan Sifat Allantoin Allantoin adalah senyawa kimia alami yang dihasilkan oleh banyak organisme, termasuk hewan, bakteri dan tanaman. Allantoin dapat disintesis dari hewan maupun tumbuhan serta dianggap   aman dan tidak beracun. Allantoin berasal dari gabungan purin membentuk heterosiklik organik yang berasal dari gabungan purin (Gambar 1). Allantoin disbeut juga asam glikosiklik diuriede atau 5-Ureidhyantoin. Gambar 1.  Struktur Kimia Allantoin Allantoin, dalam bentuk murni berwarna putih, tidak berbau, berbentuk bubuk kristal, dapat larut di dalam air dan alkohol dan tidak larut dalam di eter. Indeks Merck menjelaskan allantoin sebagai hasil dari metabolisme purin. Allantoin bersifat   non racun, non iritasi dan non alergi. Allantoin memiliki memiliki berat molekul 158,12 dan kelarutan dalam air adalah 0,5% dalam suhu 25 o C (Akema, 2008). Allantoin dapat larut dalam air

Review Jurnal Bayi Muslim

Judul: Jurnal Bayi Muslim Penerbit: Ihsan Media Penyusun: Beranda Journal Saya termasuk seseorang yang suka sekali dengan benda-benda sentimental. Sejak dulu kecil sampai saat ini ketika sudah menjadi ibu. Salah satu benda sentimental ketika saya sudah menjadi ibu adalah “Jurnal Bayi Muslim” atau disingkat JBM. JBM ini berisi tentang album foto dan catatan aktivitas bayi usia 0 – 5 tahun. Aktivitas bayi berupa foto dan catatan dapat kita abadikan di jurnal ini sejak bayi berumur 0 bulan. SPESIFIKASI PRODUK Kelebihan JBM dicetak dengan hardcover tebal dengan jilid ring yang kuat. Bagian dalam dicetak dengan kertas glossy tebal sehingga tidak mudah sobek. Desain bagian dalam jurnal (isi) dikemas dengan sangat menarik, serta warna-warna cerah yang mendominasi setiap detail desainnya. Font tulisan yang digunakan juga sesuai dan mudah dibaca. Di beberapa halaman dilengkapi dengan cuplikan ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadits, seperti mengingatkan kita pada keagungan Rabb yan