Langsung ke konten utama

Perlengkapan Saat Berpetualang..!!

Bagi yang masih muda., bagi yang memiliki semangat tinggi., bagi yang memiliki energi lebih dan tentunya yang suka berpetualang di alam bebas. Berpetualangnya macem-macem, bisa pendakian, arung jeram, penelitian,panjat tebing maupun penjelajahan. Sedikit berbagi info dengan teman-teman yang cinta alam dan hobi berpetualang, bahwa kita membutuhkan banyak sekali perlengkapan yang menunjang kita dalam berpetualang. Berikut adalah perlengkapan pribadi yang diperlukan untuk berpetualang:
a.     Sepatu dan kaos kaki
Sepatu sangat penting untuk melindungi kaki dari gigitan hewan seperti ular atau pacet maupun duri. Badan sepatu harus terbuat daribahan yang yang kuat, lebih baik dari bahan kulit supaya dapat menjaga pernapasan kulit kaki.
Sol sepatu juga harus agak tebal dan kuat, tetapi cukup lentur untuk berjalan.
Jangan memakai plastik di antara kaos kaki dan sepatu karena dapat menghambat pernapasan kulit kaki, sehingga menimbulkan kaki berbau tidak sedap.
Kaos kaki sebaiknya terbuat dari wol atau sintetis dengan ketebalan yang cukup. Hindari penggunaan bahan katun karena kurang baik sebagai penghantar panas tubuh. Bawalah kaos kaki lebih dari satu sebagai cadangan.
b.     Pakaian
Syarat pakaian untuk berpetualang diantaranya adalah sesuai dengan keadaan cuaca, tahan lama, nyaman, cepat kering serta melindungi tubuh dari berbagai kondisi lingkungan. Yaitu pakaian yang terbuat dari poliester dan polipropilena bukan katun.
Selain itu diperlukan juga pakaian yang menyerap keringat, baju berlengan panjang, celana panjang dan topi untuk menghindari ranting kecil atau getah pohon berbahaya.
Celana yang dipakai harus kuat dan lentur, cepat kering dan tahan lama. Lebih baik lagi celana memiliki banyak saku. Celana jins sangat tidak diperbolehkan karena sifatnya susah kering, berat dan bukan penghantar panas yang baik.  
c.     Ransel
Ransel yang baik mempunyai beberapa kriteria yaitu kokoh, bahannya kuat, tahan air dan mempunyai sabuk pinggang untuk mengurangi goyangan ransel.
d.     Air minum dan makanan
Air minum ditempatkan pada wadah yang tahan pecah, tidak bocor dan mudah dibawa. Tempat air minum harus disimpan pada tempat yang mudah dijangkau pada ransel atau ikat pinggang.
Makanan yang cocok adalah makanan berkalori tinggi sehingga dapat menambah energi di perjalanan seperti cokelat, permen, biskuit, roti atau kacang kedelai.
e.      Ponco atau rain coat
Jas hujan lebar berbentuk persegi sangat efektif melindungi pakaian dan barang-barang yang dibawa.
f.       Alat navigasi
Kompas, peta, altimeter, Global Positioning System (GPS) serta alat navigasi lain sangat dibutuhkan dalam perjalanan.
g.     Sun screen
Sangat dibutuhkan terutama untuk perjalanan di dataran rendah. Fungsinya adalah untuk melindungi kulit dari sengatan sinar matahari.
h.    Perlengkapan tidur
Perlengkapan tidur harus bersih, kering, hangat dan nyaman. Perlengkapan yang dibutuhkan yaitu pakaian tidur, matras, sleeping bag dan jaket atau sweter.
i.       Perlengkapan penunjang
Misalnya makanan pokok yang mengandung cukup nutrisi, pisau (golok tebas, pisau komando, pisau lipat), korek api atau pemantik, senter dengan baterai atau bola lampu cadangan, buku catatan dan pensil yang dilindungi dalam plastik, obat pribadi, peluit, jam tangan, obat antinyamuk, alat komunikasi serta barang tambahan lain (pelindung pacet, kelambu, kamera, alat mandi, jarum dan benang).

(diedit seperlunya dari Yudiawan, Deni. 2008.Panduan Praktis Berpetualang di Alam Bebas. Puspa Swara: Jakarta)

Demikian sedikit info tentang perlengkapan yang harus dipersiapkan sebelum berpetualang. Selamat berpetualang..!!. Semoga pulang dalam keadaan selamat.. J

Komentar

Posting Komentar

Thank you for visiting... 😁😁

Postingan populer dari blog ini

Permainan Tong Setan dalam Tinjauan Fisika

Faktor-faktor yang Menyebabkan Pengendara Sepeda Motor Tidak Jatuh pada Permainan Tong Setan Tong setan adalah permainan atraksi sepeda atau sepeda motor yang bergerak di dalam tong berukuran raksasa. Permainan tong setan dapat dijumpai di pasar malam yang biasanya sering berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Permainan tong setan menjadi menarik karena pengendara sepeda atau sepeda motor tidak terjatuh ketika mengendarai sepeda atau sepeda motor mengelilingi tong. Hal ini ternyata dapat pula dijelaskan secara ilmiah melalui bidang fisika. Fenomena yang terjadi pada tong setan adalah contoh gerak melingkar beraturan. Gerak melingkar beraturan ini menimbulkan gaya sentral yaitu gaya sentripetal. Gaya sentripetal adalah gaya yang menarik benda ke arah pusat lingkaran supaya tetap melingkar pada lintasannya (Sariyanti, 2011). Selain gaya sentripetal, pada gerak melingkar beraturan juga berlaku gerak sentrifugal. Gerak sentrifugal ini berlawanan arah dengan gerak sentripetal. Adanya

Kajian Teoretis, Apa dan Bagaimanakah Allantoin Itu?

a.       Allantoin 1)       Karakteristik dan Sifat Allantoin Allantoin adalah senyawa kimia alami yang dihasilkan oleh banyak organisme, termasuk hewan, bakteri dan tanaman. Allantoin dapat disintesis dari hewan maupun tumbuhan serta dianggap   aman dan tidak beracun. Allantoin berasal dari gabungan purin membentuk heterosiklik organik yang berasal dari gabungan purin (Gambar 1). Allantoin disbeut juga asam glikosiklik diuriede atau 5-Ureidhyantoin. Gambar 1.  Struktur Kimia Allantoin Allantoin, dalam bentuk murni berwarna putih, tidak berbau, berbentuk bubuk kristal, dapat larut di dalam air dan alkohol dan tidak larut dalam di eter. Indeks Merck menjelaskan allantoin sebagai hasil dari metabolisme purin. Allantoin bersifat   non racun, non iritasi dan non alergi. Allantoin memiliki memiliki berat molekul 158,12 dan kelarutan dalam air adalah 0,5% dalam suhu 25 o C (Akema, 2008). Allantoin dapat larut dalam air

Review Jurnal Bayi Muslim

Judul: Jurnal Bayi Muslim Penerbit: Ihsan Media Penyusun: Beranda Journal Saya termasuk seseorang yang suka sekali dengan benda-benda sentimental. Sejak dulu kecil sampai saat ini ketika sudah menjadi ibu. Salah satu benda sentimental ketika saya sudah menjadi ibu adalah “Jurnal Bayi Muslim” atau disingkat JBM. JBM ini berisi tentang album foto dan catatan aktivitas bayi usia 0 – 5 tahun. Aktivitas bayi berupa foto dan catatan dapat kita abadikan di jurnal ini sejak bayi berumur 0 bulan. SPESIFIKASI PRODUK Kelebihan JBM dicetak dengan hardcover tebal dengan jilid ring yang kuat. Bagian dalam dicetak dengan kertas glossy tebal sehingga tidak mudah sobek. Desain bagian dalam jurnal (isi) dikemas dengan sangat menarik, serta warna-warna cerah yang mendominasi setiap detail desainnya. Font tulisan yang digunakan juga sesuai dan mudah dibaca. Di beberapa halaman dilengkapi dengan cuplikan ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadits, seperti mengingatkan kita pada keagungan Rabb yan