Langsung ke konten utama

Jelajah 6: Asyiknya Berbagi Hadiah


Pekan keenam di penjelajahan ulat-ulat. Setelah menemukan teman baru di acara camping bersama, kami masih mendapatkan tantangan yang tak kalah seru. Tak kenal maka tak sayang, agaknya pepatah tersebut memang benar adanya. Supaya perkenalan kemarin lebih berkesan kami harus berbagi hadiah. Hadiah yang diberikan tentu saja sesuatu yang berkaitan dengam keluarga favorit teman baru kami masing-masing. Kami harus menyiapkan hadiah terbaik untuk teman-teman baru kami.



Ketika mendapat tantangan ini kaget sekaligus hopeless. Akankah saya mendapatkan sebuah hadiah? Akankah ada teman baru yang mengingat saya dan menganggap saya berarti? Meski yang terpenting adalah hadiah yang diberikan, namun dalam hati tetap saja ada rasa ingin dapat hadiah. Upsss..

Dan.. tidak disangka, ternyata ada juga teman yang mengingat saya. Tiba-tiba dapat paket hadiah. Senang sekali rasanya dapat sebuah hadiah. Mbak Winny adalah teman baru yang oertama kali memberikan saya hadiah. Hadiah dari Mbak Winny ini istimewa karena pas sekali dengan kebutuhan saya yaitu tentang kiat menulis.



Merasa tersanjung dengan hadiah Mbak Winny, maka saya pun memberikan hadiah tentang self care kepada Mbak Winny. Hadiah ini berupa cuplikan berita dari Jawa Pos TV. Cuplikan tersebut berisi tentang perlunya menulis untuk membuat hidup lebih bergairah sekaligus menyembuhkan berbagai trauma. Tips ini disampaikan oleh Bapak Anang. Beliau menyampaikan bahwa teknik menulis untuk berdamai ini sangat mudah dan dapat dilakukan oleh semua orang. Orang yang bersangkutan hanya perlu menuliskan secara bebas apa saja yang dirasakannya. Beberapa client mengatakan bahwa kegiatan menulis bebas untuk healing ini setidaknya membaatu meringankan masalah. Meski tidak sampai 100% dalam menyelesaikan masalah, namun setidaknya client merasa lebih baik setelah menuangkan perasaannya dalam tulisan. Kegiatan murah meriah yang bisa membantu proses pelepasan emosi sehingga mampu berdamai dengan diri sendiri.

Bagi teman-teman lain yang membutuhkan bisa klik di sini yaa..

https://youtu.be/wM7LOy9s4Po

Berikutnya saya memberikan hadiah untuk Mbak Sofy yang sedang bergelut dengan keluarga Parenting. Menurut saya, hadiah untuk Mbak Sofy merupakan hadiah paling spesial dibandingkan hadiah lainnya. Kebetulan sepekan lalu saya menjadi narasumber dalam sebuah kuliah whatsapp tentang seluk beluk berkisah. Begitu mendapat tantangan ini, saya langsung kepikiran untuk memberi hadiah berupa resume kulwap saya.



Maka inilah yang saya bagikan kepada Mbak Sofy. Saya berbagi hasil kulwap yang diadakan Kursusku. Kebetulan saya menjadi narasumber di kulwap ini. Kulwap berjudul Berkisah, Apa, Mengapa dan Bagaimana? Dalam kulwap ini dijelaskan tentang apa itu kisah dan manfaatnya bagi anak. Dijelaskan pula perbedaan antara kisah dan dongeng. Eh.. sudah tahu atau belum perbedaan kisah dan dongeng? Kisah bisa dikatakan sebagai cerita yang bersumber dari kisah nyata sedangkan dongeng dapat dipastikan merupakan cerita fiksi. Sangat disarankan bagi orang tua untuk berkisah tentang kisah teladan terutama kisah-kisah yang termuat dalam Al-Quran.

Kemudian, bagaimana cara berkisah? Pertama, pilih buku dan waktu yang tepat untuk berkisah. Waktu-waktu prime time seperti menjelang tidur sangat direkomendasikan. Kedua, jangan lupa eksplorasi bagian cover buku. Lebih lanjut, setelah membacakan buku kita perlu mengkonstruksi pemahaman anak tentang amanat, hikmah atau ibrah yang terkandung dalam kisah tersebut. Mengkonstruksi pemahaman ini disampaikan dalam bentuk tanya jawab bersama anak. Bukan penyampaian amanat secara langsung.

Hadiah notulen Kulwap Berkisah ini juga saya berikan kepada Mbak Naqiyyah. Mbak Naqiyyah memberikan saya tips dan kiat menulis resensi. Sangat bermanfaat sekali bagi saya. Maka jadilah acara tukar hadiah.

Hadiah berikutnya, saya berikan kepada Mbak Iis. Saya dan Mbak Iis sebenarnya punya interest yang hampir sama terhadap dunia tulis menulis. Tapi karena Mbak Iis sedang fokus di finansial. Maka saya memberikan hadiah tentang cara investasi dengan gaji UMR. Sekalian saya belajar. Hehee.



Materi cara investasi dengan gaji UMR ini disampaikan oleh Felicia Putri Tjisaka. Dalam channel youtube nya juga disediakan template untuk mengatur finansial gaji. Wah membantu sekali! Sekaligus membantu buat saya sendiri dalam mengelola gaji. Baru ngeh juga kalau pendapatan ini ada persenan sendiri. Nice video.. teman-teman bisa juga mencoba buka di sini kalau butuh materinya.. 😊

https://youtu.be/tUR7wYXuiyk

Masih ada lagi hadiah yang saya berikan kepada teman baru yaitu Mbak Anit. Mbak Anit ini ikut kelas Sustainable Living dan suka nulis juga. Kebetulan pernah mendapat materi dari Mbak DK Wardani tentang Rumah Minim Sampah. Nah.. materi tersebut saya gunakan sebagai hadiah untuk Mbak anit. Semoga bermanfaat untuk teman belajar Mbak Anit yaa. Setelah saya memberikan hadiah, Mbak Anit ini bela-belain membuatkan fabel loh untuk saya. masyaa Allah..


Nah.. Itu dia hadiah utama yang saya berikan kepada teman-teman baru. Semoga bisa menambah manfaat..  😍😍😍

#janganlupabahagia
#jurnalminggu6
#materi6
#kelasulat
#bundacekatan
#buncekbatch1
#buncekIIP
#institutibuprofesional

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Permainan Tong Setan dalam Tinjauan Fisika

Faktor-faktor yang Menyebabkan Pengendara Sepeda Motor Tidak Jatuh pada Permainan Tong Setan Tong setan adalah permainan atraksi sepeda atau sepeda motor yang bergerak di dalam tong berukuran raksasa. Permainan tong setan dapat dijumpai di pasar malam yang biasanya sering berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Permainan tong setan menjadi menarik karena pengendara sepeda atau sepeda motor tidak terjatuh ketika mengendarai sepeda atau sepeda motor mengelilingi tong. Hal ini ternyata dapat pula dijelaskan secara ilmiah melalui bidang fisika. Fenomena yang terjadi pada tong setan adalah contoh gerak melingkar beraturan. Gerak melingkar beraturan ini menimbulkan gaya sentral yaitu gaya sentripetal. Gaya sentripetal adalah gaya yang menarik benda ke arah pusat lingkaran supaya tetap melingkar pada lintasannya (Sariyanti, 2011). Selain gaya sentripetal, pada gerak melingkar beraturan juga berlaku gerak sentrifugal. Gerak sentrifugal ini berlawanan arah dengan gerak sentripetal. Adanya

Review: Smart Hafiz Mempersiapkan Si Kecil Anti Smartphone

Akhir-akhir ini sering saya lihat anak-anak sudah susah terlepas dari gawai. Gawai yang mereka pakai biasanya jenis smartphone. Tak hanya anak-anak, balita bahkan batita juga sering saya lihat mulai menggunakan barang elektronik ini. Bagi saya, hal tersebut kurang mendidik. Anak-anak terutama balita seharusnya bermain untuk melatih kemampuan motorik mereka. Anak-anak yang lebih besar seharusnya bisa membangun interaksi dengan teman sebaya maupun orang di sekitarnya, bukan bersifat antisosial. Nah., latihan kemampuan motorik dan membangun kemampuan sosial ini yang tidak ditemukan dalam smartphone. Anak-anak cenderung pasif ketika menggunakan sartphone. Apalagi jika smartphone tersebut terhubung dengan internet. Anak usia 3 tahun pun bisa mengakses Youtube dan berselancar mencari video-video yang disukainya. Jika sudah terlanjur demikian, anak akan susah disapih dari benda bernama smartphone ini. Ketika kita ingin menyapih anak dari smartphone tantangannya lebih besar dibanding

Kajian Teoretis, Apa dan Bagaimanakah Allantoin Itu?

a.       Allantoin 1)       Karakteristik dan Sifat Allantoin Allantoin adalah senyawa kimia alami yang dihasilkan oleh banyak organisme, termasuk hewan, bakteri dan tanaman. Allantoin dapat disintesis dari hewan maupun tumbuhan serta dianggap   aman dan tidak beracun. Allantoin berasal dari gabungan purin membentuk heterosiklik organik yang berasal dari gabungan purin (Gambar 1). Allantoin disbeut juga asam glikosiklik diuriede atau 5-Ureidhyantoin. Gambar 1.  Struktur Kimia Allantoin Allantoin, dalam bentuk murni berwarna putih, tidak berbau, berbentuk bubuk kristal, dapat larut di dalam air dan alkohol dan tidak larut dalam di eter. Indeks Merck menjelaskan allantoin sebagai hasil dari metabolisme purin. Allantoin bersifat   non racun, non iritasi dan non alergi. Allantoin memiliki memiliki berat molekul 158,12 dan kelarutan dalam air adalah 0,5% dalam suhu 25 o C (Akema, 2008). Allantoin dapat larut dalam air