Langsung ke konten utama

Jurnal Bunda Cekatan: Lacak Terampilmu



Perjalanan Kelas Telur-Telur masih terus berlanjut. Kali ini kami para mahasiswa Bunda Cekatan bermain untuk menemukan telur merah. Telur merah ini berkaitan dengan melacak keterampilan yang dibutuhkan untuk mencapai kebahagiaan yang lebih paripurna. Sebelum mengisi telur-telur merah, kami harus melacak keterampilan mulai dari yang paling mendesak hingga tidak mendesak. Permainan ini ternyata cukup menguras pikiran juga, karena kami harus melihat lebih dan lebih dalam lagi tentang diri sendiri.

Permainan dimulai dengan mengisi kuadran merah. Terdiri dari aktivitas penting dan mendesak, penting dan tidak mendesak, tidak penting dan mendesak, serta tidak penting dan tidak mendesak. Pada permainan sebelumnya, sudah terisi lima telur hijau yang berisi tentang kekuatan-kekuatan diri. Lima telur hijau yang berhasil saya deteksi di jurnal sebelumnya adalah sebagai berikut.

1 Membaca buku terutama buku anak dan parenting
2. Menulis cerita anak dan karya ilmiah
3. Jualan buku terutama buku anak
4. Review buku
5. Mengajar

Lima kegiatan dalam telur hijau tersebut menjadi kekuatan bagi diri saya. Menciptakan kebahagiaan setiap kali melakukannya. Dari kelima kekuatan tersebut, di jurnal kedua ini dijabarkan dalam kuadran merah. Kuadran merah yang berhasil saya lacak adalah sebagai berikut.


Kegiatan tidak penting dan mendesak meliputi: 1) menerapkan FB-ads; 2) memperindah tampilan instagram; 3) belajar desain dengan lebih mendalam; dan 4) manajemen waktu.

Menerapkan FB-ads dan memperindah tampilan instagram. Menggunakan FB-ads untuk iklan toko di facebook bagi saya adalah sesuatu yang tidak begitu penting, sama halnya dengan memperindah tampilan instagram. Pada dasarnya, pembeli membeli suatu barang berdasarkan asas kepercayaan. Seseorang perlu mengenal kita terlebih dahulu secara personal, kemudian kepercayaan akan terbangun. Dalam meningkatkan trust atau kepercayaan tidak begitu diperlukan FB-ads maupun keindahan tampilan Instagram. Meskipun demikian, kedua hal ini mendesak untuk dilakukan supaya bisnis bisa mengalami kenaikan.

Belajar desain dengan lebih mendalam. Ini juga bukan hal penting. Selama ini saya terbantu dengan Canva. Mendesain bisa dilakukan secara instan dan cepat. Hanya Canva ini kurang memberikan kesan unik, jika kita menggunakan template bawaan. Oleh karena itu belajar desain menjadi hal yang mendesak untuk dilakukan.

Manajemen waktu. Mengapa tidak penting? Karena saya sudah bisa membatasi waktu dalam melakukan kegiatan-kegiatan yang saya sukai. Saya sudah bisa membagi waktu untuk bermain bersama anak, beres-beres, menulis, maupun mengajar. Hanya terkadang manajemen waktu ini berantakan ketika terjadi sesuatu yang berjalan di luar rencana. Hal ini menjadi hal mendesak yang perlu saya pelajari lagi.


Kegiatan penting dan tidak mendesak, yaitu: 1) mencari referensi kepustakaan ilmiah; 2) mengolah mimik muka selama membaca; 3) menulis penelitian kualitatif; dan d) menulis hasil penelitian di jurnal nasional maupun internasioal.

Mencari referensi kepustakaan ilmiah, membuat penelitian, dan menulis jurnal sebenarnya adalah hal penting yang perlu saya lakukan untuk mengajukan PAK atau angka kredit. Penting sih, karena ini menentukan cepat atau tidaknya karir saya di kampus. Namun, menjadi tidak mendesak karena masa kerja saya masih kurang untuk mengajukan PAK. Jadi kegiatan ini masih bisa dilakukan dengan santai.

Mengolah mimik muka selama membaca. Selama ini, Lula cukup enjoy ketika saya membacakan buku untuknya. Meski tanpa mimik muka maupun intonasi yang memadai. Mimik muka ini penting untuk menunjang isi bacaan, namun bagi saya belum terlalu mendesak untuk diterapkan pada Lula yang masih berumur kurang dari 2 tahun.


Kegiatan tidak penting dan tidak mendesak, seperti: 1) menulis hasil review buku di blog; dan 2) memperindah tampilan blog. Dua kegiatan ini belum terlalu penting dan tidak mendesak, karena blog saya tidak dikunjungi oleh banyak orang.


Kegiatan penting dan mendesak yang dapat meningkatkan level kebahagiaan adalah: 1) meningkatkan jam terbang menulis cerita anak; 2) menerapkan marketing online; 3) mendaftarkan toko di Google Bisnisku; 4) optimalisasi google drive; dan 5) read aloud dengan intonasi yang sesuai. Kegiatan ini digambarkan pada Telur Merah sebagai berikut.



Meningkatkan jam terbang menulis cerita anak. Semenjak aktif dalam kegiatan menulis antologi cerita anak, saya seperti menemukan kesenangan yang terpendam. Selama satu tahun terakhir, 3 antologi cerita anak berhasil selesai dengan sukses. Bahkan, pada bulan November 2019, tim SMI dari Sygma Daya Insani memberikan saya kesempatan untuk menjadi salah satu penulis di paket bukunya yang terbaru. Hal tersebut membuat saya semakin bahagia ketika menulis cerita anak. Rencana lanjutan adalah berkolaborasi dengan seorang teman untuk membuat cerita anak bergambar.

Menerapkan marketing online. Marketing sebenarnya menjadi salah satu titik lemah. Namun hal ini sangat diperlukan supaya roda perekonomian toko dapat bergerak dengan lancar. Salah satu marketing online yang perlu diterapkan secara konsisten adalah story telling atau soft selling. PR nya adalah kekonsistenan diri dalam membuat cerita bermuatan iklan.

Mendaftarkan toko di Google Bisnisku. Beberapa hari lalu belajar singkat tentang Google Bisnisku dan menarik sekali. Bisa sangat membantu dalam mengembangkan bisnis. Perlu belajar lebih dalam supaya toko online saya dapat berkembang lebih besar lagi.

Optimalisasi google drive. Lagi-lagi google manawarkan banyak kemudahan, dan belum saya terapkan. Kemudahan lain yang belum saya terapkan di bisnis adalah google drive. Padahal google drive ini sangat membantu untuk penyimpanan data-data penting. Memory di HP juga bisa selamat dari tumpukan file yang biasanya menggunung di HP-HP para penjual online.

Read aloud dengan intonasi yang sesuai. Membacakan buku sudah rutin. Namun membaca buku dengan beragam intonasi dan suara belum. Kemarin pernah mencoba dua suara. Lula suka banget. Belajar supaya bisa lebih dari dua suara menjadi hal yang mendesak dan penting dilakukan. Demi rasa senang Lula ketika dibacakan buku.

Nah.. kira-kira begitulah hasil Telur Merah saya setelah melacaknya selama satu pekan. Bagaimana dengan Bunda? Adakah telur yang sama?



#bundacekatan
#institutibuprofesional
#kelastelurtelur
#jurnalpertama
#telurkedua
#telurmerah


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Permainan Tong Setan dalam Tinjauan Fisika

Faktor-faktor yang Menyebabkan Pengendara Sepeda Motor Tidak Jatuh pada Permainan Tong Setan Tong setan adalah permainan atraksi sepeda atau sepeda motor yang bergerak di dalam tong berukuran raksasa. Permainan tong setan dapat dijumpai di pasar malam yang biasanya sering berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Permainan tong setan menjadi menarik karena pengendara sepeda atau sepeda motor tidak terjatuh ketika mengendarai sepeda atau sepeda motor mengelilingi tong. Hal ini ternyata dapat pula dijelaskan secara ilmiah melalui bidang fisika. Fenomena yang terjadi pada tong setan adalah contoh gerak melingkar beraturan. Gerak melingkar beraturan ini menimbulkan gaya sentral yaitu gaya sentripetal. Gaya sentripetal adalah gaya yang menarik benda ke arah pusat lingkaran supaya tetap melingkar pada lintasannya (Sariyanti, 2011). Selain gaya sentripetal, pada gerak melingkar beraturan juga berlaku gerak sentrifugal. Gerak sentrifugal ini berlawanan arah dengan gerak sentripetal. Adanya

Kajian Teoretis, Apa dan Bagaimanakah Allantoin Itu?

a.       Allantoin 1)       Karakteristik dan Sifat Allantoin Allantoin adalah senyawa kimia alami yang dihasilkan oleh banyak organisme, termasuk hewan, bakteri dan tanaman. Allantoin dapat disintesis dari hewan maupun tumbuhan serta dianggap   aman dan tidak beracun. Allantoin berasal dari gabungan purin membentuk heterosiklik organik yang berasal dari gabungan purin (Gambar 1). Allantoin disbeut juga asam glikosiklik diuriede atau 5-Ureidhyantoin. Gambar 1.  Struktur Kimia Allantoin Allantoin, dalam bentuk murni berwarna putih, tidak berbau, berbentuk bubuk kristal, dapat larut di dalam air dan alkohol dan tidak larut dalam di eter. Indeks Merck menjelaskan allantoin sebagai hasil dari metabolisme purin. Allantoin bersifat   non racun, non iritasi dan non alergi. Allantoin memiliki memiliki berat molekul 158,12 dan kelarutan dalam air adalah 0,5% dalam suhu 25 o C (Akema, 2008). Allantoin dapat larut dalam air

Review Jurnal Bayi Muslim

Judul: Jurnal Bayi Muslim Penerbit: Ihsan Media Penyusun: Beranda Journal Saya termasuk seseorang yang suka sekali dengan benda-benda sentimental. Sejak dulu kecil sampai saat ini ketika sudah menjadi ibu. Salah satu benda sentimental ketika saya sudah menjadi ibu adalah “Jurnal Bayi Muslim” atau disingkat JBM. JBM ini berisi tentang album foto dan catatan aktivitas bayi usia 0 – 5 tahun. Aktivitas bayi berupa foto dan catatan dapat kita abadikan di jurnal ini sejak bayi berumur 0 bulan. SPESIFIKASI PRODUK Kelebihan JBM dicetak dengan hardcover tebal dengan jilid ring yang kuat. Bagian dalam dicetak dengan kertas glossy tebal sehingga tidak mudah sobek. Desain bagian dalam jurnal (isi) dikemas dengan sangat menarik, serta warna-warna cerah yang mendominasi setiap detail desainnya. Font tulisan yang digunakan juga sesuai dan mudah dibaca. Di beberapa halaman dilengkapi dengan cuplikan ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadits, seperti mengingatkan kita pada keagungan Rabb yan