Langsung ke konten utama

Aliran Rasa Matrikulasi IIP Batch #4


Saya bisa kenal IIP ini bisa dikatakan takdir tak terduga. Sebelumnya komunitas-komunitas begini sangat awam bagi saya. Kebetulan suatu hari menjelang beberapa bulan pernikahan, saya ada masalah dan berusaha mencari sumber yang bisa ditanyai melalui grup WA Perpus As-Salam. Dari situ ada dua orang ukhti yang bersedia saya curhati, dan ketika saya bertanya tentang komunitas pengembangan diri mereka merekomendasikan IIP. Saya mulai mencari informasi tentang IIP mulai dari fecebook, berusaha join grup tapi nihil. Alhamdulillah., salah satu ukhti yang saya curhati memberi informasi pembukaan matrikulasi IIP batch #4 dan saya segera mendaftar.

Mengikuti matrikulasi ternyata lebih menyenangkan dari yang saya bayangkan. Penugasan dalam bentuk NHW di setiap minggunya membuka tabir pikiran dan hati saya untuk kembali pada fitrah perempuan, lebih mendalam lagi fitrah ibu. Ada banyak pola pikir lama yang terpatahkan semenjak mengikuti matrikulasi. Pola pikir lama ini pola pikir dasar, yang selama ini ngebet kejar target karir, harus penghasilan sekian, harus kerja ini, harus punya prestasi, kemudian berubah menjadi tujuan bekerja hanya membantu suami, fokus pada keluarga. Lebih ekstrim lagi, jika suami saya menghendaki saya vacum kerja dulu sampai anak-anak agak besar saya pun akan bersedia. Itu perubahan yang paling dirasakan.


Dulunya, saat masih sekolah dan kuliah saya selalu ingin menjadi yang terbaik. Berusaha sekencang apapun supaya dapat cap terbaik atau minimal dianggap hebat oleh teman-teman lain. Setelah mengikuti matrikulasi, baru saya sadar bahwa kesombongan saya di sini tidak berguna. Saya salah jika saya sombong, di atas langit masih ada langit dan saya merasa kecil sekali di sini. Saya semakin sadar bahwa setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, maka tidak sepantasnya saya sombong. Teman-teman di matrikulasi ini banyak memiliki kelebihan yang saya ingin kuasai tapi saya tidak bisa. Hal itu menjadi alasan kuat bahwa saya harus sadar diri untuk terus belajar.
Pernyataan awal matrikulasi bahwa kita harus menjadi “gelas kosong” sangat benar adanya. Saya tidak akan pernah mendapat apa-apa ketika saya merasa tinggi. Saya tidak akan belajar apapun ketika saya merasa sudah bisa. Dan yang saya coba lakukan dalam kelas matrikulasi ini adalah menjadi “gelas kosong” ketika menerima materi atau masukan-masukan dari teman. Tentu semua itu juga disesuaikan dengan kondisi diri dan visi keluarga.

Saya yang notabene sering tidak mau kalah, sering merasa benar kemudian harus koreksi diri bahwa masih banyak yang saya belum tahu terutama dalam bidang yang hendak saya jalankan dalam waktu dekat. Saya masih awam dalam hal manajemen keluarga dan parenting, maka yang saya lakukan adalah terus merasa kurang supaya ilmu yang terserap semakin banyak.



Terimakasih atas peran IIP yang cukup besar bagi pribadi saya. Cukup besar karena yang berubah adalah inti dari diri saya, yang insya Allah pelan-pelan akan menular pada manajemen keluarga saya. Ibarat kata, IIP membantu saya membuka tabir kabut zaman kegelapan..hehehe. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Permainan Tong Setan dalam Tinjauan Fisika

Faktor-faktor yang Menyebabkan Pengendara Sepeda Motor Tidak Jatuh pada Permainan Tong Setan Tong setan adalah permainan atraksi sepeda atau sepeda motor yang bergerak di dalam tong berukuran raksasa. Permainan tong setan dapat dijumpai di pasar malam yang biasanya sering berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Permainan tong setan menjadi menarik karena pengendara sepeda atau sepeda motor tidak terjatuh ketika mengendarai sepeda atau sepeda motor mengelilingi tong. Hal ini ternyata dapat pula dijelaskan secara ilmiah melalui bidang fisika. Fenomena yang terjadi pada tong setan adalah contoh gerak melingkar beraturan. Gerak melingkar beraturan ini menimbulkan gaya sentral yaitu gaya sentripetal. Gaya sentripetal adalah gaya yang menarik benda ke arah pusat lingkaran supaya tetap melingkar pada lintasannya (Sariyanti, 2011). Selain gaya sentripetal, pada gerak melingkar beraturan juga berlaku gerak sentrifugal. Gerak sentrifugal ini berlawanan arah dengan gerak sentripetal. Adanya

Kajian Teoretis, Apa dan Bagaimanakah Allantoin Itu?

a.       Allantoin 1)       Karakteristik dan Sifat Allantoin Allantoin adalah senyawa kimia alami yang dihasilkan oleh banyak organisme, termasuk hewan, bakteri dan tanaman. Allantoin dapat disintesis dari hewan maupun tumbuhan serta dianggap   aman dan tidak beracun. Allantoin berasal dari gabungan purin membentuk heterosiklik organik yang berasal dari gabungan purin (Gambar 1). Allantoin disbeut juga asam glikosiklik diuriede atau 5-Ureidhyantoin. Gambar 1.  Struktur Kimia Allantoin Allantoin, dalam bentuk murni berwarna putih, tidak berbau, berbentuk bubuk kristal, dapat larut di dalam air dan alkohol dan tidak larut dalam di eter. Indeks Merck menjelaskan allantoin sebagai hasil dari metabolisme purin. Allantoin bersifat   non racun, non iritasi dan non alergi. Allantoin memiliki memiliki berat molekul 158,12 dan kelarutan dalam air adalah 0,5% dalam suhu 25 o C (Akema, 2008). Allantoin dapat larut dalam air

Review: Smart Hafiz Mempersiapkan Si Kecil Anti Smartphone

Akhir-akhir ini sering saya lihat anak-anak sudah susah terlepas dari gawai. Gawai yang mereka pakai biasanya jenis smartphone. Tak hanya anak-anak, balita bahkan batita juga sering saya lihat mulai menggunakan barang elektronik ini. Bagi saya, hal tersebut kurang mendidik. Anak-anak terutama balita seharusnya bermain untuk melatih kemampuan motorik mereka. Anak-anak yang lebih besar seharusnya bisa membangun interaksi dengan teman sebaya maupun orang di sekitarnya, bukan bersifat antisosial. Nah., latihan kemampuan motorik dan membangun kemampuan sosial ini yang tidak ditemukan dalam smartphone. Anak-anak cenderung pasif ketika menggunakan sartphone. Apalagi jika smartphone tersebut terhubung dengan internet. Anak usia 3 tahun pun bisa mengakses Youtube dan berselancar mencari video-video yang disukainya. Jika sudah terlanjur demikian, anak akan susah disapih dari benda bernama smartphone ini. Ketika kita ingin menyapih anak dari smartphone tantangannya lebih besar dibanding