Langsung ke konten utama

Lebih Terarah dengan Roadmap

 

Hai hexagonia, tak terasa sudah tiba di zona E pekan pertama. Rasanya baru kemarin masuk Bunpro sebagai hexagonia, tiba-tiba sudah saapai di tahap ini. Meski sempat merasa berat, namun kehadiran teman-teman co housing yang saling menguatkan membuat saya bisa bertahan dan ingin bertahan sampai akhir. 

Pekan ini kami menjalani 4E for nation. 4E terdiri dari enjoy, easy, excellent, dan earn. Enjoy beearti bahagia dan merasa senang; easy merasa mudah menaklukkan tantangan, excellent berarti dapat menyelesaikan tantangan dengan sangat baik. Sedangkan earn berarti berdampak atau menghasilkan. Kami ditantang untuk mengklasifikasikan aktivitas kami selama di Hexagon City. Dan inilah hasil 4E for Nation saya. 



Beberapa aktivitas pribadi saya sebagai hexagonia dan posisi 4E aktivitas tersebut, meliputi: 

1. Mencari ide/sub tema cerita anak untuk kegiatan menulis cerita anak harian. Aktivitas ini saya lakukan untuk membiasakan diri mencari tema cerita anak. Kadang mencari tema mempunyai tantangan tersendiri dan butuh waktu banyak untuk memikirkannya. Kemudian, saya menemukan salah satu trik mencari tema unik dengan mengundi dua kertas berisi tokoh dan karakter tokoh. Aktivitas ini menantang bagi saya sehingga saya melabelinya dengan Easy. Dalam menyelesaikan tantangan di aktivitas ini saya perlu menaikkan level menjadi Excellent

2. Menulis cerita anak sesuai hasil brainstorming pribadi. Setelah berhasil mendapatkan banyak tema, maka berikutnya saya harus menulis cerita anak secara rutin. Aktivitas ini menyenangkan sehingga saya memberi label Enjoy, namun perlu naik level menjadi Easy bahkan Excellent. Sementara, dalam menulis cerita anak harian, saya tidak menetapkan target. Namun tetap harus menulis cerita anak tiap harinya.

3. Mencari partner untuk memberikan kritik saran. Aktivitas ini menyenangkan (Enjoy), namun belum benar-benar saya lakukan. Saya belum mencari partner dari anggota co housing saya sendiri. Apakah partner kritik saran dari teman co housing memungkinkan atau tidak, mengingat kesibukan masing-masing yang sudah cukup padat?

4. Menerima kritik saran yang bersifat membangun. Aktivitas ini merupakan lanjutan dari aktivitas cari partner. Setelah mendapat partner dan menerima kritik saran, saya harus menerimanya dengan sepenuh hati dan lapang dada. Karakter yang memang ingin saya bangun di sini. Aktivitas ini juga masuk dalam level Enjoy

5. Berkontribusi dalam kegiatan co housing. Kegiatan co housing ini bermacam-macam seperti mengikuti diskusi harian, menyimak materi, ikut berpartisipasi aktif dalam proyek, dan sebagainya. Bagi saya hal ini menantang sehingga berada di level Easy. Dalam kegiatan co housing, saya berperan sebagai notulis diskusi harian di hari Rabu. Sedangkan di kegiatan proyek berperan sebagai notulis pelatihan dan PJ penerbit. Semuanya harus naik di level Excellent

Nah.. kira-kira itulah cerita 4E for Nation saya. Secara lebih detail bisa dicek di link berikut ini.

Brainstorming 4E for Nation



#HexagonCity

#ZonaE

#ProjectPassion

#KuliahBundaProduktif

#InstitutIbuProfesional

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Permainan Tong Setan dalam Tinjauan Fisika

Faktor-faktor yang Menyebabkan Pengendara Sepeda Motor Tidak Jatuh pada Permainan Tong Setan Tong setan adalah permainan atraksi sepeda atau sepeda motor yang bergerak di dalam tong berukuran raksasa. Permainan tong setan dapat dijumpai di pasar malam yang biasanya sering berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Permainan tong setan menjadi menarik karena pengendara sepeda atau sepeda motor tidak terjatuh ketika mengendarai sepeda atau sepeda motor mengelilingi tong. Hal ini ternyata dapat pula dijelaskan secara ilmiah melalui bidang fisika. Fenomena yang terjadi pada tong setan adalah contoh gerak melingkar beraturan. Gerak melingkar beraturan ini menimbulkan gaya sentral yaitu gaya sentripetal. Gaya sentripetal adalah gaya yang menarik benda ke arah pusat lingkaran supaya tetap melingkar pada lintasannya (Sariyanti, 2011). Selain gaya sentripetal, pada gerak melingkar beraturan juga berlaku gerak sentrifugal. Gerak sentrifugal ini berlawanan arah dengan gerak sentripetal. Adanya

Kajian Teoretis, Apa dan Bagaimanakah Allantoin Itu?

a.       Allantoin 1)       Karakteristik dan Sifat Allantoin Allantoin adalah senyawa kimia alami yang dihasilkan oleh banyak organisme, termasuk hewan, bakteri dan tanaman. Allantoin dapat disintesis dari hewan maupun tumbuhan serta dianggap   aman dan tidak beracun. Allantoin berasal dari gabungan purin membentuk heterosiklik organik yang berasal dari gabungan purin (Gambar 1). Allantoin disbeut juga asam glikosiklik diuriede atau 5-Ureidhyantoin. Gambar 1.  Struktur Kimia Allantoin Allantoin, dalam bentuk murni berwarna putih, tidak berbau, berbentuk bubuk kristal, dapat larut di dalam air dan alkohol dan tidak larut dalam di eter. Indeks Merck menjelaskan allantoin sebagai hasil dari metabolisme purin. Allantoin bersifat   non racun, non iritasi dan non alergi. Allantoin memiliki memiliki berat molekul 158,12 dan kelarutan dalam air adalah 0,5% dalam suhu 25 o C (Akema, 2008). Allantoin dapat larut dalam air

Review Jurnal Bayi Muslim

Judul: Jurnal Bayi Muslim Penerbit: Ihsan Media Penyusun: Beranda Journal Saya termasuk seseorang yang suka sekali dengan benda-benda sentimental. Sejak dulu kecil sampai saat ini ketika sudah menjadi ibu. Salah satu benda sentimental ketika saya sudah menjadi ibu adalah “Jurnal Bayi Muslim” atau disingkat JBM. JBM ini berisi tentang album foto dan catatan aktivitas bayi usia 0 – 5 tahun. Aktivitas bayi berupa foto dan catatan dapat kita abadikan di jurnal ini sejak bayi berumur 0 bulan. SPESIFIKASI PRODUK Kelebihan JBM dicetak dengan hardcover tebal dengan jilid ring yang kuat. Bagian dalam dicetak dengan kertas glossy tebal sehingga tidak mudah sobek. Desain bagian dalam jurnal (isi) dikemas dengan sangat menarik, serta warna-warna cerah yang mendominasi setiap detail desainnya. Font tulisan yang digunakan juga sesuai dan mudah dibaca. Di beberapa halaman dilengkapi dengan cuplikan ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadits, seperti mengingatkan kita pada keagungan Rabb yan