Pengertian Kemampuan Kreativitas
Kreativitas adalah kemampuan untuk
berpikir dengan jalan yang berbeda, memproduksi gagasan yang tidak biasa, atau
menyatukan sesuatu dalam jalan yang berbeda (Isbell & Raines, 2013:3).
Monks et.al.
(2006:251) menyatakan bahwa kreativitas meliputi berpikir original, dapat
menyelesaikan masalah secara luwes dan baik, sikap mandiri, ingin tahu dalam
pendekatan dan penyelesaian masalah, serta berpikir divergen dan khas. Berpikir
divergen artinya pemikiran yang bertujuan menghasilkan banyak jawaban untuk
satu pertanyaan (Santrock, 2011:366). Kreativitas juga dapat didefinisikan
sebagai suatu aktivitas kognitif yang menghasilkan suatu pandangan baru tentang
suatu bentuk permasalahan dan tidak dibatasi pada hasil yang pragmatis (Solso, et.al., 2007:444).
Ciri-Ciri Kemampuan Kreativitas
Semiawan
(2010: 125-126) menyatakan bahwa kreativitas memiliki beberapa ciri yaitu: (1)
tingkat kreativitas I, mencakup kesadaran tentang ide atau informasi,
kelancaran, fleksibilitas, dan keaslian. Hu dan Adey (2002:3890) menambahkan
bahwa yang dimaksud dengan kelancaran berkaitan dengan ide asli yang
diproduksi, fleksibel artinya kemampuan untuk "merubah arah" dan
tidak membutuhkan waktu panjang untuk bekerja secara efisien serta asli adalah
menjawab dengan jawaban yang jarang; (2) tingkat psikodelik (II), mencakup
perluasan berpikir, pengambilan resiko, serta kesadaran terhadap tantangan; serta
(3) tingkat iluminatif (III), mencakup perkembangan dan perwujudan hasil (product development). Munandar
(2012:70) menyatakan bahwa kreativitas dapat dioperasionalisasi dalam beberapa
dimensi, yaitu: 1) keterbukaan terhadap pengalaman baru; 2) kelenturan dalam
berpikir; 3) kebebasan dalam ungkapan diri; 4) menghargai fantasi; 5) minat
terhadap kegiatan kreatif; 6) kepercayaan terhadap gagasan sendiri; dan 7)
kemandirian dalam memberi pertimbangan. Seseorang yang selalu melakukan hal
atau pemikiran yang sama dari waktu ke waktu dianggap sebagai orang yang
membosankan (Solso, et.al., 2007:447).
Kreativitas
sains pada level SD didasarkan pada pengetahuan yang mudah diterima seperti
konsep dasar tentang gravitasi, fotosintesis, atau pengukuran sederhana dan
investigasi sains. Kunci dari persepsi kreativitas sains pada siswa SD adalah
kemampuan siswa untuk menggunakan pengetahuan untuk produksi sederhana, produksi
asli (tidak semestinya fisik) yang dipertemukan dengan nilai tertentu (Shiew,
Chong, dan Chin, 2014:110). Kreativitas
adalah hal yang sangat penting bagi siswa sebagai kemampuan yang mendasari
hubungan penting pada aktivitas intelektual seperti pemecahan masalah, inovasi
dan pemahaman tingkat tinggi dalam domain pengetahuan (Lam, et.al., 2010:430). Kreativitas
memungkinkan manusia meningkatkan kualitas hidupnya melalui sumbangan kreatif
berupa ide-ide baru, penemuan-penemuan baru dan teknologi baru.
Referensi:
Isbell,
R. T., & Raines, S. C. 2013. Creativity and the Arts with Young Children.
United States: Wadsworth Cengage Learning
Monks,
F. J., Knoers A. M. P., & Vegt V. 2006. Psikologi
Perkembangan Pengantar dalam Berbagai Bagiannya. Terjemahan Siti Rahayu
Haditomo. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Santrock,
J. W. 2011. Psikologi Pendidikan Edisi
Kedua. Terjemahan Tri Wibowo. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Solso,
R. L., Otto H. M., & Kimberly M. 2007. Psikologi
Kognitif. Terjemahan Mikael Rahardanto & Kristianto Batuadji. Jakarta:
Erlangga
Semiawan,
C. R. 2010. Kreativitas Keberbakatan:
Mengapa, Apa, dan Bagaimana?. Jakarta: PT Indeks.
Hu,
W., & Adey P. 2002. "A Scientific Creativity Test for Secondary School
Student". International Journal of
Science Education. 24 (4): 389-403
Siew,
N. M., Chong C. L., & Chin K. O. 2014. "Developing A Scientific Creativity
Test for Fifth Graders". Problems of
Education in The 21st Century Journal.
62: 109-123
Lam,
S. L., Yeung A., Lam P., & McNaught C. 2010. "Creativity and Science Learning
in a Science Enrichment Programme in Hong Kong". The International Journal of Learning. 17 (2): 429-437
#komunitasonedayonepost
#ODOP_6
Komentar
Posting Komentar
Thank you for visiting... 😁😁